ARTICLE

Thu - Apr 25, 2019 / 1383 / Sunday School

Cara Kreatif dan Sederhana Mengajarkan Kebangkitan Yesus Untuk Kelas Balita

Berkreasi untuk kegiatan anak kelas kecil (di bawah 6 tahun) di sekolah Minggu kadang membuat kita pusing ya. Harus mempersiapkan prakarya sedemikian rupa agar anak bisa belajar dan mengerti dengan baik. Nah Superbook punya dua cara sederhana untuk anak kelas kecil agar mereka memahami konsep dasar Alkitab dalam membangun pondasi iman yang kuat.

 

1. Kubur yang kosong

Karena masih dekat dengan momen Paskah, kakak bisa lho kembali menjelaskan kebangkitan Tuhan Yesus kepada anak dengan cara yang kreatif, kontekstual, dan menyenangkan. Caranya mudah, buatlah kubur dengan tenda kecil ala kakak sendiri. Bisa dengan beberapa kayu atau bambu yang ditutupi kertas coklat lalu ditambahkan batu penutup kuburnya.

Baca bersama anak Matius 28. Kalau anak belum bisa membaca, kakak bisa membacakannya dengan ekspresif kemudian jelaskan intinya: Tuhan Yesus wafat di salib karena Ia sangat mengasihi kita semua. Tiga hari setelah wafatnya, murid-muridnya datang untuk melihat kuburnya. Kuburnya itu seperti gua dengan batu besar di depan untuk menutupnya. Tapi saat itu, batunya sudah terguling dan kuburnya kosong! Karena apa?... Ya karena Tuhan Yesus sudah bangkit!

Ajak anak bersama-sama melihat kubur kosong yang kakak sudah buat. Lalu setelah mereka melihatnya, ajak anak untuk berkata, “Tuhan tidak disini, Ia sudah bangkit!” secara bergantian.

 

2. Mengampuni seperti Tuhan Yesus

Di Minggu berikutnya, sebagai lanjutan anak mengenal kisah pengorbanan Kristus bagi umat manusia, kakak bisa mengajarkan anak agar bisa meneladani Tuhan Yesus, yaitu mengampuni orang lain. Banyak anak balita dan batita menggunakan bahasa tubuhnya untuk berkomunikasi. Nah kakak bisa memanfaatkannya dengan mengajarkan mereka bahasa tubuh untuk menggambarkan “maaf”, “memaafkan”, “baik”, dan “Tuhan”.

Pertama-tama ucapkan : Tuhan wafat di kayu salib untuk mengampuni dosa-dosa kita semua dan Ia ingin agar kita melakukan hal yang sama.

Ajak anak untuk mengikuti gaya kakak.

Jika kamu mengambil mainan temanmu atau membuat temanmu menangis, ucapkan “maaf” (kepalkan tangan kanan kakak dan usap melingkar di dada)

 Sumber : childrensministry.com

Jika seseorang mengambil mainanmu, kamu “maafkan” dia (arahkan telapak tangan kiri ke atas; dan jari-jari tangan kanan diperagakan melingkar di atas telapak tangan kiri)

 

 Sumber : childrensministry.com

Berarti kamu sudah melakukan hal “baik” untuk orang lain (arahkan telapak tangan kiri ke atas; dan buatlah gerakan maju mundur dengan telapak kanan atas di atas telapak tangan kiri)

 

 Sumber : childrensministry.com

Karena itulah yang “Tuhan” mau kita lakukan dalam hidup kita (tunjuk ke atas)

 

 Sumber : childrensministry.com

Nah bagaimana kak? Sudah siap melakukannya bersama anak-anak? Jika kakak mau semakin banyak mendapatkan cara bagaimana mengajar sekolah Minggu dengan kreatif dan kontekstual, yuk bergabung dengan kami dengan klik link di bawah ini:

GABUNG DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK