ARTICLE

Tue - May 28, 2024 / 159 / Parenting

Cara Jitu Ajarkan Anak Mengenai Tanggung Jawab

Halo SuperParents! Salah satu hal penting yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita adalah tanggung jawab. Mengajarkan tanggung jawab sejak dini membantu anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan dapat dipercaya.

Alkitab memberikan banyak contoh tentang pentingnya tanggung jawab. Salah satu kisah yang menarik adalah kegagalan imam Eli dalam mengajarkan anak-anaknya, sehingga anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang jahat dan tidak bertanggung jawab. Dan pada akhirnya Tuhan menghukum imam Eli karena kelalaiannya sebagai orang tua.

Kisah imam Eli menjadi peringatan tentang pentingnya mendidik dan membimbing anak-anak dengan baik sesuai dengan jalan Tuhan dan tidak mengabaikan tanggung jawab sebagai orang tua. Mari renungkan sejenak, apakah kita sudah mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak kita sejak kecil? Atau justru secara tidak sadar kita sudah mencontohkan hal-hal yang tidak baik, seperti main hp berlama-lama atau sering adu pendapat antara SuperMom dan SuperDad?

Yuk renungkan Super Ayat ini:

Amsal 29:17 TB
Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Ayat ini mengingatkan kita bahwa sebagai orang tua, SuperParents harus mendidik anak-anak dengan bijaksana sesuai dengan apa yang sudah Tuhan ajarkan, termasuk mengajarkan mereka tentang tanggung jawab. Sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab dan membawa damai sukacita.

Cara Mengajarkan Tanggung Jawab

1. Memberi Tugas Rumah Tangga

Berikan anak-anak tugas rumah tangga sesuai usia mereka, seperti merapikan tempat tidur, merapikan mainan, atau membantu membersihkan rumah. Ini membantu mereka memahami pentingnya kontribusi dan tanggung jawab dalam keluarga.

2. Memberikan Konsekuensi yang Jelas

Jelaskan kepada anak-anak bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi. Misalnya, jika mereka tidak menyelesaikan tugas, mereka mungkin tidak mendapatkan waktu bermain ekstra. Ini mengajarkan mereka bahwa tanggung jawab datang dengan hasil yang harus diterima.

Selain dari cara di atas, salah 1 faktor utama untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab adalah SuperParents harus Menjadi Teladan terlebih dulu. Sebab anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat.

BACA JUGAUang Tabungan dicuri Teman, Anak Ini Memilih Mengampuni. Kok Bisa?

Sudahkah SuperParents menjadi teladan yang baik dalam mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak? Mengajarkan tanggung jawab bukan hanya tentang memberi perintah, tetapi juga tentang menunjukkan dengan tindakan kita sendiri. Mari kita introspeksi diri dan berusaha menjadi panutan yang baik bagi anak-anak kita dalam hal tanggung jawab.

Mari bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK