ARTICLE

Sun - Jun 16, 2024 / 127 / Sunday School

Cara Jadi Guru Sekolah Minggu yang Sabar

Shalom SuperTeachers!

Mengajar di sekolah minggu memang bukan tugas yang mudah ya kak, apalagi dengan karakter anak-anak yang beragam. Namun, justru di situlah letak tantangannya dan kesempatan untuk kita nih kakak-kakak untuk semakin bertumbuh.

Setiap anak adalah unik. Ada yang aktif dan selalu ingin tahu, ada yang pemalu, ada yang sulit diatur, dan ada juga yang sangat penurut. Kakak sendiri tipe yang mana nih saat masih menjadi anak sekolah minggu? Nah, perbedaan inilah yang membuat kelas sekolah minggu kita penuh warna, dan juga penuh tantangan. Kesabaran menjadi kunci utama nih kak, agar kita bisa tetap melayani mereka dengan maksimal.

Kenapa Sabar itu Penting?

  • Menjadi Teladan

Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat. Ketika kakak sabar, mereka juga belajar untuk sabar. Ingat, kita gak hanya mengajarkan mereka tentang Alkitab, tetapi juga bagaimana cara untuk bersikap.

  • Membangun Hubungan yang Kuat

Dengan bersabar, kakak menunjukkan bahwa kakak peduli pada mereka, apa pun kondisinya. Hal ini membantu membangun hubungan yang kuat dan saling percaya.

  • Mengatasi Kendala dengan Bijak

Dalam mengajar, pasti ada kendala yang muncul, baik dari segi teknis maupun perilaku anak. Dengan kesabaran, kita bisa mengatasi kendala-kendala ini dengan lebih bijak dan tidak mudah menyerah.

BACA JUGAKamu Guru Sekolah Minggu? Baca Ini Yuk!

Tips untuk Lebih Sabar

  • Berdoa dan Minta Kekuatan dari Tuhan

Sebelum memulai kelas, tentu kakak juga perlu berdoa lebih dulu, agar Tuhan memberikan kesabaran dan hikmat dalam menghadapi setiap anak.

  • Kenali Setiap Anak

Coba luangkan waktu kakak untuk mengenal adik-adik sekolah minggu kakak lebih dekat. Ketahui apa yang mereka suka, apa yang mereka takutkan, dan bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka.

  • Gunakan Metode Pengajaran yang Variatif

Jangan ragu untuk mencoba metode baru yang bisa menarik perhatian anak-anak. Aktivitas yang bervariasi dapat membantu mengurangi kebosanan dan meningkatkan partisipasi mereka. Salah satunya, kakak-kakak bisa menggunakan Superbook sebagai media dan bahan pengajaran yang menarik, lho.

SuperTeachers, ingatlah bahwa kesabaran kita adalah cerminan kasih Tuhan bagi anak-anak. Dengan bersabar, kakak bukan hanya membantu mereka belajar tentang Tuhan, tetapi juga menunjukkan kasih-Nya melalui tindakan. Mari kita terus melayani dengan hati yang penuh kesabaran dan kasih.

Jika Kakak-kakak SuperTeachers sedang menghadapi kendala dalam pelayanan pemuridan atau kendala lainnya dan membutuhkan dukungan. Segera hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN ya. Karena tim Konseling CBN akan dengan sigap membantu, memberikan dukungan serta berdoa bagi SuperTeachers.

HUBUNGI DI SINI

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK