ARTICLE

Fri - Nov 13, 2020 / 531 / Sunday School

7 Tips untuk Menghadapi Anak yang Tidak Sopan dan Berkata Kasar di Sekolah Minggu

Paling kesel banget kalau lagi mengajar ada anak yang tidak sopan, bahkan berkata kasar atau kotor kepada temannya. Mau marahin, tapi apakah anak ini akan kapok atau malah mengulanginya. Memang usia anak-anak memang rentan untuk mencontoh sesuatu hal yang tidak baik. Anak-anak sangat rentan pembentukan moral dan karakternya. Oleh karena itu, kita sebagai guru sekolah minggu juga memiliki andil dalam pembentukan karakter mereka agar sesuai dengan karakter Kristus.

Lalu bagaimana cara menghadapi anak-anak yang tidak sopan dan berkata kasar di dalam kelas? Yuk simak beberapa caranya di bawah ini.

Baca juga : APAKAH DINOSAURUS ADA DAN DISEBUTKAN DI ALKITAB? INI PENJELASANNYA

  1. Berikan peringatan non verbal

Kakak bisa memberikan isyarat kepada anak bahwa tindakannya salah. Salah satu caranya adalah dengan mendekatinya dan meletakkan tangan di mulutnya.

 

  1. Upayakan anak tidak lebih dominan dari kakak

Agar kelas tetap kondusif, upayakan anak-anak bisa berpartisipasi dalam ibadah. Jadi tidak satu arah. Buat kelas menjadi menyenangkan sehingga anak-anak mau mendengarkan kakak dan tidak sempat untuk ribut sendiri, bahkan melontarkan kata yang tidak selayaknya dalam kelas.

 

  1. Buat peraturan

Tujuan membuat aturan adalah agar anak yang seringkali bersikap tidak sopan atau berkata kasar, bisa menghargai pendapat teman lainnya. Ada baiknya saat membuat aturan ini, anak-anak lain juga dilibatkan sehingga ini merupakan kesepakatan bersama.

 

  1. Ajak anak berbicara secara personal

Setelah ibadah selesai, kakak bisa mengajak anak tersebut untuk berbicara dari hati ke hati. Kakak cari tahu mengapa anak tersebut melakukan hal tersebut dan cobalah membantunya untuk merubah perilaku tanpa harus menghakiminya.

 Baca juga : AKTIVITAS YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT MENUNGGU IBADAH DEWASA SELESAI

  1. Abaikan perilaku anak jika belum begitu negatif

Terkadang anak-anak melakukan hal itu untuk mendapatkan perhatian dari kita atau teman-temannya. Ia kadang tidak sadar bahwa perilakunya salah, dan puas ketika orang lain langsung merasa terganggu dengan sikapnya. Ada baiknya jika belum terlalu negatif, tidak digubris dulu. Kakak bisa tetap awasi dia kalau sudah mulai kelewatan.

 

  1. Jangan mudah tersinggung

Memang menjadi guru sekolah minggu itu tidak mudah, tapi kita tetap harus mampu jaga hati dan pikiran di depan anak. Kakak jangan mudah tersinggung atas perilaku tidak mengenakkan anak-anak. Menjadi guru sekolah minggu memang memerlukan kerendahan hati agar bisa mendidik anak dengan penuh rasa syukur.

 

  1. Bantu anak untuk memperbaiki perilakunya

Jika kakak sudah melakukan cara keempat (mengajak anak berbicara secara personal), namun belum ada perubahan pada anak, kakak bisa menggunakan cara lainnya. Tetaplah jadi pendengar yang baik, siapa tahu dibalik cerita yang ia sampaikan terselip alasan dia berkata seperti itu. Atau bisa dengan membawakan firman Tuhan terkait ‘perkataan’ di sekolah minggu.

Inilah 6 cara yang bisa kakak lakukan untuk menghadapi anak-anak yang tidak sopan bahkan berkata kasar dalam kelas versi Superbook. Kalau kakak pernah punya pengalaman di sekolah minggu terkait hal ini, boleh lho di share pada kolom komentar di bawah ini supaya banyak guru juga bisa belajar.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK