ARTICLE

Wed - Jul 04, 2018 / 1682 / Sunday School

Buang Kelas yang Membosankan di Sekolah Minggu SuperTeacher dengan 3 Cara Keren Ini!

“Gurulah pelita penerang dalam gulita...

Jasamu tiada tara...”

Guru sekolah minggu merupakan ladang pelayanan yang membuat saya salut. Mungkin sebagian besar orang justru tidak memandang pelayanan ini sebagai suatu hal yang penting dan berharga. Padahal tonggak masa depan pemberitaan Injil dan gereja ada di tangan anak-anak sekolah minggu. Walaupun kelihatannya sulit dan penuh tantangan, tapi kenyataannya menjadi guru itu mengasyikan juga lho seperti yang Superbook pernah ceritakan (5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Guru Sekolah Minggu).

Nah sekarang kalau kakak sudah jadi guru sekolah Minggu dan masih bingung apa yang harus dilakukan agar kelas tidak membosankan dan lebih menyenangkan untuk anak, kakak bisa lakukan ini:

Baca juga : CARA JITU MEMBUAT ANAK-ANAK BETAH DI KELAS SEKOLAH MINGGU (USIA 5-10 TAHUN)

1. Hias ruangan semenarik mungkin untuk anak.

Menghias ruangan tidak harus menggunakan bahan yang mahal kok kak. Malahan kakak bisa mengajak anak untuk mengasah kreatifitasnya lho. Kakak bisa meminta tolong mereka membuat prakarya sebagai hiasan kelas. Selain anak-anak akan merasa dihargai, mereka juga nyaman di kelas karena mereka tahu hiasan apa yang dibutuhkan kelasnya agar mereka betah belajar.

Kakak juga bisa meminta tolong kepada anak dan orang tua yang memiliki mainan bekas yang masih layak untuk disumbangka ke kelas. Mainan ini bisa dipakai bermain bersama di kelas sembari menunggu kelas dimulai, atau ketika anak sudah selesai belajar namun masih menunggu orang tuanya.

 

2. Sampaikan firman Tuhan relevan dengan kejadian sehari-hari yang anak alami atau bisa dipraktikkan.

Nah ini nih yang biasanya tidak mudah. Sebagai guru sekolah Minggu kita harus bisa memahami dunia anak. Apa permasalahan mereka? Hal apa saja yang sedang nge-trend di umur-umur mereka ini? Kebiasaan apa yang mereka lakukan? Dan banyak hal lainnya. Tantangannya, bagaimana caranya kita bisa mengaitkan firman Tuhan dari Alkitab ini sesuai dengan kehidupan si anak.

Baca juga: PERMAINAN SEKOLAH MINGGU: BANTU LINDUNGIKU DARI COBAAN DAN GODAAN

Kakak bisa cari tahu lewat dengan bertanya pada anak seminggu sebelum mengajar, atau mencari tahu lewat internet, dan orang tua mereka. Setelah menyampaikan firman, kakak juga bisa memberikan tugas praktik kepada mereka terkait yang telah mereka pelajari. Karena prinsipnya belajar firman Tuhan kan tidak Cuma dihafal tapi diamalkan juga kak.

 

3. Mau anak termotivasi dan rajin datang ke sekolah Minggu, ini caranya!

Oshawa Community Church punya cara yang jitu untuk membuat anak-anak rajin datang ke sekolah Minggu. Mereka menamakannya “City Box”. Sekolah Minggu menyediakan berbagai hadiah menarik dalam sebuah boks yang diletakkan di ruangan sekolah Minggu. Anak yang ingin mendapatkan hadiahnya, harus mengumpulkan poin selama beberapa waktu agar bisa ditukar.

Poin ini bisa anak-anak dapatkan dengan rajin ke sekolah Minggu, aktif di kelas, mampu menghafal ayat Alkitab, membawa teman ikut beribadah, dan masih banyak lagi. Kakak bisa kreasikan kegiatan apa saja yang menghasilkan poin tersebut. 

Kalau anak sudah nyaman dan asik berada di sekolah Minggu, apalagi saat belajar firman Tuhan, mereka akan dengan senang hati bersekolah Minggu tanpa disuruh lagi oleh orang tuanya. Rasanya senang sekali ya ketika banyak anak-anak datang dan menyatakan imannya kepada Tuhan Yesus. Untuk mendokumentasikan rasa syukur kita, yuk kak ikut Lomba Wefie Photo Challenge. (CC)

Syaratnya:

1. Upload foto terseru dan terkeren kakak bersama anak sekolah minggu kakak ke instagram.

2. Foto harus menyertakan unsur Superbook.

3. Ceritakan di caption “ Alasan kenapa kakak meresa bangga jadi Guru sekolah minggu ?”

4. Sertakan Hashtag #Proudtobesundayschoolteacher #banggajadiGSM #superbookwarrior #superbookindonesia

5. Follow @superbookindonesia @superbookindonesia.shop

6. 10 orang dengan like terbanyak akan mendapatkan hadiah spesial dari Superbook.

7. Batas akhir upload tanggal 12 juli 2018.

 

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK