ARTICLE

Sat - Jul 22, 2023 / 608 / Parenting

Bolehkah Memukul Anak Saat Dia Nakal?

Apakah boleh memukul anak saat dia nakal? Ada dua sisi yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini. Pertama, memukul anak dianggap sebagai cara mudah dan cepat dalam memberikan disiplin, terutama pada anak-anak kecil. Kedua, metode ini memiliki efek negatif yang bisa menyebabkan rasa sakit hati, kepahitan, dan emosi buruk pada anak. Selain itu, pemukulan juga bisa berpotensi menyebabkan kekerasan pada anak.

Ingatlah bahwa setiap anak bereaksi berbeda terhadap tindakan kekerasan seperti pukulan. Beberapa mungkin mengalami trauma, sementara yang lain bisa menganggapnya sebagai sarana pembentukan karakter dan menghargai pendidikan yang diberikan orangtua dengan cara ini. Namun, penting untuk menyadari bahwa anak-anak masa kini sering kali merasa kekurangan cinta. Kesibukan dan tuntutan kehidupan modern dapat membuat orangtua kurang memberikan kasih sayang yang cukup pada anak-anak mereka. Dalam situasi seperti ini, memukul anak hanya akan membuat anak merasa tidak dimengerti atau diperlakukan dengan sewajarnya.

 

Baca Juga: Orang Tua Kristen Boleh Gak Sih Memukul Anak?

 

Di dalam Efesus 6: 4 disampaikan, 'Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.' Artinya memukul anak tanpa tahu alasan kenapa dia harus dipukul hanya akan menorehkan luka batin yang mendalam di diri anak.

Untuk mencegah hal ini, kita perlu memahami beda antara disiplin dan hukuman. Disiplin berarti membimbing dan melatih anak menuju perilaku yang benar, sehingga semakin terdisiplin mereka, semakin sedikit hukuman yang dibutuhkan. Pemukulan sebaiknya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir, misalnya ketika anak berulang kali melakukan perilaku yang berbahaya bagi dirinya sendiri, dan sudah tidak merespons peringatan secara lembut. Namun, dalam hal ini, penting untuk mengajarkan alasan di balik pemukulan tersebut dan tetap memberikan cinta dan kasih sayang sebagai bagian integral dari proses mendidik.

 

Baca Juga: 5 PENGINGAT AGAR ORANG TUA BERTOBAT MEMUKUL ATAU MEMBENTAK ANAK

 

Penting untuk diingat bahwa disiplin yang efektif seharusnya tidak selalu dilakukan dengan memukul. Strategi pendidikan yang bijaksana dan penuh kasih sayang akan lebih membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Memastikan anak mendapatkan kasih sayang dalam keluarga menjadi hal yang paling krusial dalam proses mendidik anak. Tanpa kasih, tindakan memukul anak hanya akan menjadi hukuman menyakitkan tanpa memberikan manfaat yang positif. Pertimbangkanlah dengan bijaksana dan pilihlah pendekatan yang terbaik bagi anak Anda.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK