ARTICLE

Fri - Oct 15, 2021 / 437 / Sunday School

Boleh Tidak Orang Kristen Mengikuti Perayaan Halloween?

Di belahan dunia barat, mereka mengenal hari Halloween. Dimana orang-orang memakai kostum seram dan anak-anak pergi dari satu rumah ke rumah lain, berkata ‘trick or treat’. Ucapan trick or treat pada perayaan Halloween tersebut memiliki arti ‘Beri kamu permen atau kami jahili’. Disitulah anak bisa mendapatkan permen.

Asal usul Halloween

Kegiatan ini dimulai lebih dari 1900 tahun yang lalu di Inggris, Irlandia, dan Prancis Utara. Itu adalah perayaan Celtic tahun baru, yang disebut Samhain yang terjadi pada 1 November. Para Druid Celtic menghormatinya sebagai hari libur terbesar tahun ini dan menekankan hari itu sebagai waktu ketika jiwa orang mati seharusnya bisa berbaur dengan yang hidup. (sumber)

Boleh tidak orang Kristen ikut merayakan Halloween?

Sebagai orang yang berpikir logis, yuk pertimbangkan apa faedahnya jika kita ikut-ikutan perayaan itu. Apakah itu suatu kegiatan yang bermanfaat, baik, dan berdampak positif bagi orang lain?

Baca juga : TERNYATA INILAH PENYEBAB BEBERAPA GURU SEKOLAH MINGGU TIDAK MELAYANI DENGAN PROFESIONAL

Firman Tuhan di Filipi 4:8 mengatakan bahwa,”Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Jadi apakah Halloween didasarkan pada tema perdamaian, kebebasan, keselamatan atau malah mengingatkan kita pada perasaan takut, penindasan, dan perbudakan?

Alkitab sendiri tidak pernah menyetujui hal-hal seperti ilmu sihir, okultisme, ilmu gaib, ataupun tukang sihir, dan dukun. Sebaliknya Alkitab justru menyebut bahwa semua itu adalah kekejian bagi Tuhan dan dengan jelas disebutkan kita tidak boleh mengikutinya (Ulangan 18:9-13).

Jadi salah donk kalau anak merayakan Halloween?

Efesus 5:11 menjelaskan kepada kita, “Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.” Teks ini mengajak kita sebagai orang tua untuk mengajarkan kepada anak agar tidak turut bagian dalam hal tersebut, karena memang tidak ada manfaatnya.

Baca juga : 5 CARA KREATIF MENGHIDUPKAN SUASANA SEKOLAH MINGGU LEWAT LAGU PUJIAN

Kadang memang ada orang tua yang beranggapan bahwa, ya nggak apa-apa, toh cuma pakai kostum saja. Tapi dalam firman Tuhan kita telah diingatkan untuk sebaiknya tidak melakukan. Yuk lebih baik ajak anak untuk berbuat kebaikan dan mengamalkan kasih Kristus kepada orang-orang di sekitarnya. Lebih bermanfaat kan?!

Bagi Superparents dan Superteacher yang mau mendapatkan materi belajar tentang iman Kristen yang menarik dan super keren, Superbook telah menyediakannya secara GRATIS di website superbookkeluarga.com. Daftar segera dengan klik di bawah ini.

SAYA MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK