ARTICLE

Thu - May 05, 2022 / 461 / Parenting

Biar Anak Hidup Untuk Misi Tuhan, Yuk Lakukan 3 Hal Ini Lebih Dulu

 

Tuhan juga memanggil keluarga untuk menjalankan amanat agung-Nya, yang Dia sampaikan sebelum Dia naik ke surga. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus..” (Matius 28:19)

Jadi, apakah Anda mau supaya anak Anda memenuhi misi Tuhan? Bagaimana kerinduan Anda dan suami/istri terhadap Tuhan juga bisa dipahami oleh anak-anak Anda dan melakukannya?

 

BACA JUGA: MAU JADI KELUARGA YANG MELAYANI, KENAPA ENGGAK?


Coba lakukan 3 hal ini lebih dulu.

1. Bagikan kasih Tuhan kepada anak

Hal pertama yang perlu dilakukan setiap orang tua adalah memuridkan anak. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam pemuridan adalah membagikan kasih Tuhan.
Pemuridan adalah proses untuk membimbing seseorang untuk menjadi serupa seperti Kristus. Untuk membantu anak hidup serupa seperti Kristus, mereka perlu mengenal Dia lebih dulu dan mereka mengalami Tuhan secara pribadi lewat firman kebenaran-Nya.


Dalam kehidupan sehari-hari, pakai juga kebenaran firman Tuhan untuk mengoreksi tindakan anak. Misalnya ketika mereka melakukan tindakan yang salah, arahkan anak kembali kepada kebenaran firman Tuhan. Hal ini menjadi cara praktis bagi anak untuk mengakui bahwa mereka membutuhkan Kristus.

 

2. Jangan lelah mengajarkan firman Tuhan setiap hari

Membimbing anak untuk menjadi seorang murid memang memerlukan proses yang panjang. Tetapi inilah langkah yang harus dilalui dalam proses pemuridan.
Orang tua perlu membagikan firman Tuhan tanpa jemu-jemu kepada anak. Sama seperti yang disampaikan dalam Ulangan 6: 6-7, “Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”


Kita perlu memberi waktu untuk mengajarkan mereka tentang Tuhan sepanjang waktu, entah ketika sedang berkendara, sedang berbelanja, sedang makan dan bahkan akan beranjak tidur.

 

BACA JUGA : INGIN IMAN PERCAYA ANAK BERKEMBANG BAIK? MULAILAH 5 RITUAL KELUARGA INI DARI SEKARANG!

 

3. Latih anak untuk hidup dalam kebenaran

Memberi anak latihan rohani akan semakin memperkuat iman mereka. Orang tua adalah pengaruh besar bagi anak dan tugas kita adalah mengajarkan mereka untuk selalu hidup di dalam kebenaran-Nya.


Bagaimana cara melakukannya? Mulailah dengan latihan berdoa dan membaca Alkitab setiap hari. Bangun mezbah doa keluarga sesuai dengan waktu yang disepakati bersama, entah pagi setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur.
Dengan membangun mezbah doa, anak akan terlatih untuk disiplin dan bahkan mengenal Tuhan lebih mendalam.


Saat anak mulai mengalami Tuhan dalam hidupnya, saat itulah orang tua membawa mereka menjadi dampak bagi orang-orang di sekitarnya. Sekali-kali ajak anak untuk melakukan mission trip atau kegiatan sosial supaya belas kasih mereka terhadap orang lain semakin terbentuk.


Ketika anak sudah menghidupi kasih Tuhan dalam hidupnya, secara otomatis mereka akan terbuka untuk melakukan kebaikan untuk orang lain.
Jika Anda merasa belum mengarahkan anak untuk bermisi bagi Tuhan, mulailah dari hari ini. Tetap andalkan Tuhan untuk menuntun Anda dalam memuridkan anak.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK