ARTICLE

Sat - Jun 01, 2024 / 230 / Daily Devotional

Bertanggung Jawab pada Diri Sendiri

Tanggung jawab pada diri sendiri adalah nilai dasar yang perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perspektif Kristen, tanggung jawab ini mencakup pilihan, tindakan, dan konsekuensi yang kita hadapi.

Super Ayat

Galatia 6:5, 'Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.'

Ayat ini menekankan bahwa setiap orang memiliki beban dan tanggung jawab masing-masing yang harus dipikul. Ini berarti bahwa kita harus bertanggung jawab atas pilihan, tindakan, dan keputusan yang kita buat dalam hidup kita.

Ternyata ini Pentingnya Tanggung Jawab pada Diri Sendiri

1. Membangun Karakter

Bertanggung jawab membantu kita menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan berintegritas.

2. Meningkatkan Kemandirian

Mengambil tanggung jawab membuat kita lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

3. Memperbaiki Hubungan

Orang yang bertanggung jawab cenderung memiliki hubungan yang lebih baik karena mereka tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka.

BACA JUGAMemaafkan Orang Lain Banyak Manfaatnya, Lho!

Bentuk Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

1. Mengelola Waktu

Kita harus belajar mengelola waktu dengan baik, menyelesaikan tugas-tugas kita tepat waktu, dan tidak menunda pekerjaan.

2. Mengambil Keputusan

Kita harus bertanggung jawab atas keputusan yang kita buat, baik besar maupun kecil, dan memahami bahwa setiap keputusan memiliki konsekuensi.

3. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan fisik dan mental kita adalah tanggung jawab pribadi yang tidak boleh diabaikan. Ini termasuk pola makan yang sehat, olahraga, dan cukup istirahat.

4. Hubungan Sosial

Dalam hubungan sosial, kita harus belajar untuk tidak menyalahkan orang lain atas masalah kita. Kita harus bertanggung jawab atas tindakan kita sendiri dan berusaha untuk memperbaiki sebuah keadaan yang mungkin rusak karena kesalahan kita.

Dengan hidup bertanggung jawab, kita tidak hanya menjadi lebih baik dalam menghadapi tantangan, tetapi juga menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mari bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK