ARTICLE

Fri - Jul 27, 2018 / 3186 / Sunday School

Bermain Ping Pong Asik Sambil Memahami Firman Tuhan tentang Cara Menghadapi “Amarah”

Dulu sempat pernah populer permainan virtual dimana tokoh utamanya berbentuk burung yang dilempar dengan ketapel untuk merobohkan tumpukan balok kayu atau es balok. Yap, Betulll! Angry Birds! Kali ini kita bisa belajar Alkitab sambil bermain bersama anak dengan peragaan yang seperti permainan virtual ini lho.

Kemarahan. Kalau tidak terkontrol, amarah bisa menyakiti orang lain lho. Nah untuk pengantar sebelum bermain dan menjelaskan secara praktek pelajaran tentang amarah, ajak anak yuk membaca kisah Kain dan Habel di Kejadian 4: 1-16. Kisah Alkitab ini memang agak seram ya kalau dibaca tanpa penjelasan dari kakak SuperTeacher karena menceritakan tentang pembunuhan kakak kepada adiknya.

Baca juga: MEMPERINGATI HARI ANAK NASIONAL, ANAK INDONESIA BUTUH BEBERAPA HAL INI!

Nah jangan sampai kita terlalu menekankan kearah sana ya kak. Mari kita lebih tekankan Firman Tuhan ini kearah akibat dari iri hati dan marah yang tidak terkontrol. Baca lagi sumber firman Tuhan dari Efesus 4: 26-27 secara bersama-sama, yang bunyinya “Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.”

 

Ping-Pong Amarah

Sumber: childrensministry.com

Bahan yang diperlukan:

Alkitab, bola ping-pong, spidol permanen, ketapel, dan beberapa balok kayu kecil atau bisa memakai Uno Stacko.

Cara Bermain     :

1. Bagi anak menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anak masing-masing 10 orang.

2. Berilah masing-masing kelompok balok kayu atau Uno Stacko yang sama jumlahnya, lalu mintalah mereka menyusunnya sampai menjadi menara.

3. Berikan masing-masing kelompok 4 atau 5 buah bola ping-pong. Kemudian mintalah mereka masing-masing untuk menuliskan hal-hal yang dapat membuat mereka marah pada bola tersebut dengan spidol permanen.

4. Jelaskan kepada anak-anak cara bermainnya adalah dengan menjatuhkan menara milik lawan menggunakan ketapeldan bola ping-pong. Jarak mereka menembak minimal 2,5 meter dari menara lawan.

5. Arahkan anak untuk berdiri pada lokasi menembak, dan katakan kalau sebelum menembak, mereka harus memikirkan apa yang sudah mereka tulis di bola ping-pongnya.

Baca juga: TERUNGKAP! 7 RASUL LAIN YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU, SELAIN 12 RASUL

Pembahasan      :

1. Tanyakan kepada mereka, hal-hal apa sajakah yang bisa memicu kemarahanmu?

2. Ajak anak untuk kembali membaca Efesus 4: 26-27 dan tanyakan pada anak-anak, “apa sih maksud dari ayat ini kalau kita marah, jangan beri kesempatan untuk iblis?” Setelah anak-anak menjawab, tanyakan kembali “apa yang bisa mereka lakukan dalam menghadapi amarah sesuai dengan kasih Tuhan?”

3. Dapatkan jawaban dari anak-anak dan bahaslah bersama mereka bahwa kalau anak-anak marah sebaiknya jangan sampai melukai orang lain baik dalam perkataan maupun tindakan. Marah juga nggak boleh lama-lama lho. Paling lama ya sebelum hari berganti, soalnya kalau lebih dari itu, amarah kita bisa lama-lama menjadi dendam lho. Hiiyy… Jadi janganlah beri kesempatan kepada iblis untuk menguasai hati kita sehingga kita bisa berbuat jahat seperti Kain. Marah dan segera selesaikan masalahnya, bisa dengan meminta maaf atau mengampuni orang yang sudah membuat kita marah. (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK