ARTICLE

Thu - Jul 19, 2018 / 4110 / Sunday School

Terungkap! 7 Rasul Lain yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Selain 12 Rasul

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa orang rasul diluar kedua belas rasul yang disebutkan di Alkitab. Mungkin ada beberapa dari kita masih belum mengenal mereka. Nah, kan kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, jadi yuk kita kenali siapa saja rasul tersebut.

Rasul berasal dari kata “Apostolos” yang berarti “utusan”. Jadi bisa disimpulkan bahwa para rasul adalah orang-orang yang diutus Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil. Memang tugas memberitakan Injil adalah kewajiban kita semua sebagai umat yang percaya Tuhan Yesus, tapi bukan berarti semua orang yang percaya dapat disebut sebagai rasul lho.

Tuhan Yesus sendiri yang menggelari muridnya menjadi rasul (Lukas 6:13). Nah selain 12 rasul tersebut, masih ada lho rasul lainnya. Ini terbukti dari pernyataan Paulus. Dituliskan bahwa setelah kebangkitan-Nya Tuhan Yesus menampakkan diri kepada sebelas rasaul-Nya (minus Yudas Iskariot) dan kepada semua rasul (1 Korintus 15: 5-7).

Baca juga : 6 IDE KEREN UNTUK MEMBANGUN SAAT TEDUH KELUARGA MULAI SEKARANG JUGA

Makin kepo nggak sih siapa saja rasul diluar kedua belas rasul yang kita kenal ini? Berikut ulasannya:

1. Yakobus saudara Tuhan Yesus (Galatia 1: 19)

Sebelum Yakobus dipanggil sebagai rasul, Yakobus beserta saudara-saudara-Nya tidak percaya pada Tuhan Yesus sebelum Ia bangkit (Yohanes 7: 3-5). Barulah setelah Ia bangkit dan menampakkan diri pada-Nya, Yakobus jadi percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias, inilah yang menjadikannya seorang rasul (1 Korintus 15:7). Daann.. tahukah kamu, ternyata Yakobus inilah yang menulis kitab Yakobus, salah satu dari  66 kitab di Alkitab lho.

 

2. Matias (Kisah Para Rasul 1: 21, 24-26)

Ketika Yudas Iskariot sudah tidak ada lagi, maka jumlah rasulpun jadi berkurang. Oleh karena itu Petrus berkata agar satu orang dari murid-murid Tuhan Yesus menggantikan posisinya. Tujuannya agar pelayanan ini tetap maksimal karena jumlah jemaat yang percaya sudah cukup banyak, sekitar lebih dari 500 orang (1 Korintus 15:6).

 

3. Paulus (Galatia 1: 1)

Paulus lahir di Tarsus, wilayah Yunani, tapi dibesarkan di Yerusalem, Israel. Sebelum bertobat ia bernama Saulus. Ia penganut Yahudi fanatik dan telah membunuh serta menganiaya banyak orang Kristen. Walaupun begitu, setelah ia bertobat, Paulus justru menjadi tokoh di Perjanjian Baru. Hampir separuh kitab Perjanjian Baru (Roma – Filemon) merupakan tulisannya.

Sumber: YouTube - Sharefaith Kids

4. Barnabas (Kisah Para Rasul 13: 43)

Barnabas adalah salah satu jemaat di gereja Yerusalem. Ia kaya namun murah hati. Barnabas punya peranan penting dalam pelayanan Paulus. Saat jemaat di Yerusalem menolak Paulus dan mencurigai pertobatannya, Barnabaslah yang justru menerima dan membawanyakepada para rasul.

 

5. Silas (Kisah Para Rasul 16: 38-39)

Silas pertama kali muncul namanya di Alkitab saat ia terpilih bersama Yudas sebagai rasul. Mereka diutus kepada jemaat di Antiokhia untuk memberitakan Injil. Setelah itu, Barnabas dan Paulus berselisih paham. Hal ini mengakibatkan mereka berpisah. Barnabas mengajak serta Markus, dan Paulus memilih bersama dengan Silas. (Kisah Para Rasul 15: 22 – 41)

 

6. Andronikus dan Yunias (Roma 16: 7)

Dalam Roma 16: 7, Paulus menyebut Andronikus sebagai orang-orang yang terpandang di antara para rasul. Artinya, bukan hanya karena terkenal, atau diakui sebagai rasul, tapi sudah menjadi bagian dari para rasul itu sendiri. Dan kalau ditelaah, Paulus menyebutkan kalau ia pernah dipenjarakan bersama mereka. Andronikus dan Yuniaspun disebutkan telah menjadi Kristen sebelum Paulus bertobat lho. (CC)

Sumber: rubrikkristen.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK