ARTICLE

Wed - Jun 05, 2024 / 133 / Inspirational

Belajar Ketaatan dari Kisah Yunus

Siapa sih yang nggak kenal Yunus? Cerita tentang Yunus dan ikan besar ini sering kita dengar sejak kecil. Kisah Yunus adalah salah satu cerita Alkitab yang penuh dengan pelajaran tentang ketaatan..

Yunus adalah seorang nabi yang mendapat perintah dari Tuhan untuk pergi ke kota Niniwe dan memperingatkan penduduknya agar bertobat dari dosa-dosa mereka. Tapi, bukannya taat, Yunus malah melarikan diri ke arah yang berlawanan dan naik kapal menuju Tarsis. Di tengah perjalanan, terjadilah badai besar yang membuat semua orang di kapal panik.  Yunus menyadari bahwa badai itu adalah akibat ketidaktaatannya. Akhirnya, dia meminta para awak kapal untuk melemparkannya ke laut agar badai reda. Ketika Yunus dilemparkan ke laut, Tuhan mengirim ikan besar untuk menelannya. Di dalam perut ikan, Yunus berdoa dan bertobat.

Setelah tiga hari, ikan tersebut memuntahkan Yunus di daratan, dan kali ini, Yunus taat pada perintah Tuhan. Dia pergi ke Niniwe dan menyampaikan pesan Tuhan. Ia memberitakan pesan Tuhan dan akhirnya, penduduk Niniwe bertobat, Setelah tiga hari, ikan tersebut memuntahkan Yunus di daratan, dan kali ini, Yunus taat pada perintah Tuhan. Dia pergi ke Niniwe dan menyampaikan pesan Tuhan.

BACA JUGABelajar Taat Bareng Superbook

Dari kisah Yunus, kita belajar bahwa ketaatan adalah hal penting dan ketaatan kepada Tuhan membawa kita pada rencana-Nya yang terbaik. Terkadang, kita mungkin merasa takut atau tidak ingin melakukan apa yang Tuhan perintahkan, seperti Yunus. Namun, ketika kita taat, Tuhan akan menolong kita dan rencana-Nya yang terbaik akan terjadi.

Yunus 2:2 berkata, 'katanya: ”Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku.' Ayat ini mengingatkan kita bahwa Tuhan selalu mendengarkan dan menolong kita ketika kita berseru kepada-Nya.

Jadi, yuk kita belajar untuk taat seperti Yunus, meski kadang berat, tapi pasti ada kebaikan yang menanti!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK