ARTICLE

Mon - Jan 02, 2023 / 129 / Parenting

Bantu Si Kecil Jauhi 4 Karakter Ini Yuk...

Apakah superparents melihat si kecil punya bibit-bibit karakter yang kurang baik dalam dirinya?

Ini waktunya bagi Anda untuk membantu anak mengidentifikasi karakternya. Superparents bisa menjelaskan alasan mengapa anak perlu memperhatikan tindakannya.

Berikut 4 karakter penting yang perlu dihindari oleh anak.
1. Sombong

Anda bisa menjelaskan kepada si kecil bahwa Tuhan gak suka sama yang namanya kesombongan. Karakter inilah yang justru membuat Tuhan membuang iblis dari surga. Si kecil harus tahu bahwa kesombongan itu sangat bertolak belakang dengan sikap Tuhan yang rendah hati.

Superparents, ajaklah anak setiap hari untuk menghidupi karakter yang rendah hati, tentu saja mulai dengan teladan dari Anda.


“Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: 'Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”” (Yakobus 4: 6)

 

Baca Juga: AJARKAN ANAK 5 ETIKA INI SAAT BERLIBUR DI TEMPAT UMUM

 

2. Penakut

Apakah anak cenderung penakut? Superparents perlu mengingatkan dia bahwa anak Tuhan gak boleh takut. Anda bisa mengingatkan dia tentang Firman Tuhan bahwa Dia sama sekali gak membentuk anak-anaknya sebagai pribadi penakut.

Mulailah mengajak anak untuk berdoa dan memakai kuasa Roh Kudus untuk menaklukkan karakter itu. Ajarkan anak untuk melawan ketika rasa takut mulai berkuasa atas dirinya, sama seperti kisah Daud melawan Goliat yang disediakan di modul Superbook.

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yesaya 41: 10)

 

3. Amarah

Apakah si kecil suka tantrum atau marah-marah? Berikanlah alasan yang logis mengapa kemarahan itu merusak dirinya. Salah satunya bisa membuat si kecil tidak disukai oleh teman-temannya.

Ingatkan dia bahwa saat marah penting untuk menjaga ucapan, perkataan dan tindakan supaya tidak melukai orang lain.

“Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.” (Yakobus 1: 19-20)

 

Baca Juga: 4 GAYA PENGASUHAN DAN DISIPLIN ANAK YANG EFEKTIF SERTA SESUAI FIRMAN TUHAN

 

4. Kecanduan

Apakah si kecil sudah mulai kecanduan gadget sampai-samapi suka membantah orang tua saat diminta mengerjakan tugas, membantu membereskan rumah dan sebagainya?

Superparents perlu memberikan gambaran bagaimana kecanduan bisa sangat merusak karakter dan tumbuh kembangnya. Atau jika memang kecanduannya sudah cukup parah, solusi terbaik adalah mencari bantuan dari pemerhati anak atau psikolog anak.

“Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.” (1 Korintus 6: 12)

Yuk bantu anak-anak kita untuk bertumbuh dengan baik. Atau jika anak Anda ingin anak Anda menghidupi karakter Kristus, ajak dia untuk ikut Sekolah Minggu Superbook Indonesia. Segera bergabung melalui link di bawah.

SEKOLAH MINGGU SUPERBOOK

Lori

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK