ARTICLE

Thu - Jul 19, 2018 / 1087 / Sunday School

Ayo Belajar Jadi Pengintai! Jangan Sampai Ketahuan Ya

Kakak-kakak super, sedang menyiapkan bahan ajaran untuk hari Minggu ya? Jika kurikulum Sekolah Minggu kakak masih bebas, kakak bisa menceritakan kisah Kedua Belas Pengintai Israel Yang Mengintai Kanaan. Kisahnya ada di Bilangan 13.

Setelah itu ajak mereka bermain. Ini langkahnya.

1. Bagi dua kelompok. Yang satu tim pengintai, satunya bangsa Israel. Jika jumlah anak sedikit, tim pengintai tidak harus 12 orang.

2. Pilih siapa yang menjadi Kaleb di antara para pengintai. Tugasnya untuk membawa kabar baik.

Baca juga: Gereja Harus Tahu! 5 Cara Membuat Kaum Muda Tertarik Melayani di Sekolah Minggu

3 Cara Keren Menggunakan Teknologi untuk Kemajuan Sekolah Minggu

3.Tim pengintai pergi diam-diam, tidak boleh gaduh, mengintip, bertugas menyelidiki kelas lain (yang lebih kecil atau lebih besar). Tekankan sekali lagi ya kak, ini misi rahasia. Mereka harus berhati-hati dan benar-benar diam, tidak boleh sampai ketahuan sedang menjalankan sebuah misi.

4. Yang harus diselidiki:
a. Siapa guru yang sedang in charge, ada berapa guru di kelas tersebut
b. Jumlah anak di dalam kelas, jumlah anak perempuan dan laki-laki
c. Jumlah anak yang memakai baju biru, merah atau warna apapun
d. Suasana kelas (gurunya sedang mengajar atau kelas itu sedang bernyanyi, dll)
e. Yang harus mereka laporkan ke bangsa Israel:
Hal negatif. Misalnya kelasnya ribut, kacau, dll
Hal positif. Yang ini, biarkan si ‘Kaleb’ yang menyampaikan. Misalnya kelas ribut karena sedang mengerjakan aktivitas Alkitab

5. Untuk yang acting sebagai bangsa Israel, minta mereka mengekspresikan perasaan mereka berdasarkan informasi dari tim pengintai. Misalnya ketika menyebutkan jumlah anak perempuan dari kelas sebelah, minta salah satu anak dari bangsa Israel menghitung jumlah anak perempuan yang ada di kelas kakak.

Baca juga: Tips Menghafal Ayat Alkitab Dengan Mudah. Tips Terakhir Seru Banget!

Melalui kisah dan permainan ini, kita bisa ajari anak-anak untuk selalu menilai sesuatu dari sisi positif seperti Kaleb dan Yosua. Pikiran positif bisa membawa dampak positif dan memberi semangat bagi semua kelas.

Pelajaran lain sebagai tambahan yang bisa kita ambil dari pasal selanjutnya menceritakan bagaimana Allah bisa tetap bekerja secara dahsyat menuntun bangsa Israel memasuki Kanaan meskipun negeri itu diduduki orang-orang yang lebih kuat. Pasal selanjutnya juga bercerita tentang kasih Allah yang mengampuni bangsa Israel meskipun mereka berontak.

Seru kan jika pelajaran Alkitab dibuat jadi sebuah permainan. Anak-anak pasti lebih aktif, tidak bosan, dan lebih mengerti kisahnya dibanding hanya mendengar dan membaca ceritanya. Selamat melayani kak. Tuhan Yesus memberkati (CG)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK