ARTICLE

Thu - Jun 07, 2018 / 3555 / Sunday School

Asyiknya Belajar 10 Perintah Tuhan dengan Balon, Yuk Lakukan di Sekolah Minggu

Bingung bagaimana menjelaskan tentang pelajaran 10 Perintah Allah? Nggak usah pusing kak! Kita bisa pakai permainan asik nan menarik untuk menjelaskan dan mengajak anak agar mempertahankan 10 perintah Allah dalam kehidupan mereka.

Tetap awali sekolah minggu dengan membawakan pembahasan firman Tuhan yang diambil dari Keluaran 20: 1 – 17. Jelaskan kepada anak-anak tentang tujuan kenapa sih Tuhan memberikan 10 hukum tersebut kepada Musa dan kita semua dan bagaimana kita menaatinya. Setelah itu barulah kita bisa mengaitkan pembahasan dari firman tersebut dengan aktivitas:

Balon Perintah Allah

Bahannya            :

Alkitab, handuk yang cukup besar, dan 10 balon yang sudah ditiup untuk masing-masing pasang anak.

Baca juga: YUK BELAJAR MENYEMANGATI DAN MENDUKUNG TEMAN MELALUI FIRMAN TUHAN DAN PERMAINAN KEREN

Cara Bermain     :

<

Sumber: childrensministry.com

1. Katakan kepada anak-anak untuk menganggap balon-balon ini adalah 10 perintah Tuhan. Ajaklah mereka untuk mempertahankan balonnya agar tidak jatuh dan tetap diudara. Mereka bisa memantulkannya di handuk tersebut.1

2.Bagi anak berpasang-pasangan. 1 pasang anak mendapatkan 1 handuk dan 10 buah balon.

3. Kalau kakak mengajar kelas sendirian, kakak bisa meminta terlebih dulu 2 pasang anak untuk mempraktekkannya di depan kelas. Sambil anak lain menyemangati mereka.

4. Pasangan yang sudah maju, diminta untuk memegang ujung-ujung handuk dan merengganggkannya sehingga permukaan handuk jadi kencang./Kemudian kakak taruh 10 balon itu satu persatu diatas handuk mereka, sambil menyebutkan 10 perintah Allah (Keluaran 20: 1-17) bersama anak yang tidak memegang handuk.

Baca juga: OH TERNYATA INI ALASANNYA KENAPA ORANG INDONESIA MUDAH SEKALI PERCAYA DENGAN HOAX

5. Anak harus menggoyangkan atau mengayunkan handuk agar balon tetap berada diudara dan tidak jatuh kebawah.

6. Lanjutkan permainan ini sampai 10 perintah sudah selesai disebutkan dan balon sudah semuanya ditaruh di atas handuk.

7. Terakhir, kakak hitung balon yang masih bertahan di atas handuk untuk bisa menentukan pemenangnya.

 

Pembahasan      :

Tanyakan kepada anak-anak apa sih rasanya mempertahankan balon agar tetap diudara? Setelah itu tanyakan apakah ketika mempertahankan balon agar tetap diudara dan terjatuh adalah hal yang mudah? Ini sama seperti kita saat mencoba mematuhi perintah Tuhan. Tanyakan kepada anak, apakah menurut mereka mematuhi perintah Tuhan itu bermanfaat bagi kehidupan kita? (CC)

Sumber: childrensministry.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK