ARTICLE

Tue - Oct 30, 2018 / 256 / Inspirational

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang Lain Berhasil Menyakitimu dan Membuatmu Terpuruk?

Banyak di antara kita yang hidupnya merasa nggak bahagia. Trauma masa lalu membuat beberapa orang memilih untuk mempertahankan rasa sakit dan nggak berani melangkah.

Kita nggak bisa mencegah orang lain menyakiti kita loh. Yang bisa kita lakukan adalah menyikapi ‘pelajaran’ tersebut dengan tindakan positif. Coba lakukan 4 langkah positif ini yang bisa membantumu move on dan bangkit kembali.

Percayalah bahwa pencobaan membawa dampak positif yang akan membuatmu bahagia

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan (Yakobus 1:2).

Jangan fokus pada rasa sakit ketika kamu sedang dalam pencobaan. Dibawa santai aja dan percayalah bahwa pencobaan-pencobaan yang kamu alami membawa manfaat positif dan memberi banyak pelajaran bagi hidupmu. Jika kamu berhasil menyikapinya, membuatmu tumbuh semakin kuat.

Fokus pada dirimu sendiri

Berhentilah memikirkan orang yang menyakitimu. Fokus pada apa yang bisa kamu perbaiki dari pencobaan yang sudah membuatmu down.

Rasakan kekuatan yang datang dari pikiranmu yang tetap positif yang mampu membawamu berpikir lebih jernih. Kebahagiaanmu bergantung pada dirimu sendiri.

Berhentilah memikirkan orang yang menyakitimu. Berhenti mengharapkan dia berubah. Dia nggak akan berubah hanya karena kamu mendoakannya. Bukan karena meremehkan kuasa doa, tapi perubahan untuk jadi lebih baik harus datang dari dirinya sendiri, bukan dari kamu.

Cintai dirimu, hidupmu yang sekarang, dan masa depanmu

Kamu nggak akan bisa terus menerus hidup dalam penyesalan. Bangkit dan melangkahlah. Cintai dirimu yang sangat berharga. Kebenaran yang harus kamu tahu ialah bahwa Tuhan sangat mencintaimu melebihi apapun. Lakukan sesuatu. Hal-hal yang membuatmu bahagia. Kerjakan hobimu. Jika perlu, lakukan kebiasaan baru yang bisa membuat perasaanmu lebih bahagia dan sehat.

Tingkatkan kualitas dirimu

Tidak ada orang yang akan memperlakukanmu sebaik yang kamu mau jika kamu tidak memperlakukan dirimu sendiri dengan baik. Lakukan hal-hal yang bisa membawa dampak positif di lingkunganmu sehingga orang mulai memandang potensi yang kamu miliki.

Jangan tunggu seseorang untuk membuatmu merasa bahagia. Berhentilah menyalahkan orang lain ketika kamu merasa tidak bahagia karena sebenarnya kamu bisa melakukan sesuatu untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri.

Baca juga: BACA AYAT-AYAT ALKITAB BERIKUT UNTUK MENGUSIR RASA CEMAS DAN KHAWATIR DI HIDUPMU

KETIKA MENGHADAPI MASALAH, BELAJARLAH 4 HAL INI DARI AYUB

3 PASAL DARI KITAB MAZMUR YANG BISA MENGUSIR RASA CEMASMU

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK