ARTICLE

Wed - Oct 17, 2018 / 15945 / Inspirational

Ketika Menghadapi Masalah, Belajarlah 4 Hal Ini Dari Ayub

Kalau sedang dilanda masalah, apa yang cenderung kita lakukan? Sebagai manusia biasa pasti kecewa mengapa Tuhan ijinkan hal berat menimpa kita. Tapi emang loh, di Alkitab nggak tertulis kok bahwa orang yang percaya Tuhan nggak akan kena masalah.

Salah satu tokoh panutan mimin dalam Alkitab ketika menghadapi masalah berat adalah Ayub. Dulu kehidupan Ayub sangat diberkati hingga suatu hari keadaan berbalik dan Ayub menjadi orang paling menyedihkan.

Untungnya Ayub berhasil melewati semua kesusahan tersebut dan tetap menjaga imannya pada Tuhan. Kok bisa? Ada 4 pelajaran penting yang bisa kamu pelajari dari respon Ayub saat menghadapi kesusahan di dalam hidupnya.

1. Tetap memuji Tuhan

Dalam kesesakannya kehilangan semua yang ia miliki, Ayub tetap memuji Tuhan (Ayub 1:21)

2. Tidak menyalahkan Tuhan

Dalam Ayub 2:9 istrinya menyuruh Ayub mengutuki Tuhan. Tapi Ayub menolak untuk melakukan hal itu dan menyadari bahwa dia harus selalu memuliakan Tuhan baik dalam keadaan diberkati maupun dalam keadaan penuh kemalangan.

3. Tetap percaya bahwa dalam keadaan susah pun Tuhan berdaulat penuh atas hidupnya

Masih di ayat yang sama, Ayub menunjukkan imannya. Ia percaya bahwa apapun yang Tuhan lakukan di dalam hidupnya adalah kedaulatan Tuhan.

4. Ayub percaya pada Tuhan

“Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.” (Ayub 19:25)

Ayat ini menggambarkan kepercayaannya kepada Tuhan. Ia mengatakan hal ini ketika teman-temannya menyudutkan dirinya. Ayub percaya bahwa Tuhan yang ia sembah adalah Tuhan yang hidup dan akan memulihkan keadaannya.

Baca juga: BACA AYAT-AYAT ALKITAB BERIKUT UNTUK MENGUSIR RASA CEMAS DAN KHAWATIR DI HIDUPMU

PASTI ADA SECERCAH CAHAYA DARI KEHIDUPAN YANG PALING KELAM SEKALIPUN, SEPERTI KISAH MICHAE

Kisah Ayub berakhir sangat indah. Setelah ia mengalami banyak sekali hal berat, Tuhan memulihkan keadaan Ayub. “..TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu...TUHAN memberkati Ayub dalam hidupnya yang selanjutnya lebih dari pada dalam hidupnya yang dahulu; ia mendapat empat belas ribu ekor kambing domba, dan enam ribu unta, seribu pasang lembu, dan seribu ekor keledai betina.” Ayub 42: 10 & 12

Jika kamu sedang dalam keadaan terhimpit, ingatlah kesusahan yang pernah dialami Ayub. Ayub tetap taat dan Tuhan mengubahkan keadaannya kembali, bahkan memberikan dua kali lipat dari kepunyaannya dahulu. Jangan putus asa!

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK