ARTICLE

Tue - Feb 14, 2023 / 835 / Inspirational

Apa Sih Kasih Sejati Itu? Belajar dari Ayat-ayat Cinta Ini Yuk

Di perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine, pemaknaan cinta dan kasih sayang menjadi sangat dangkal. Cinta hanya diukur dari sebuah pemberian atau hadiah sebagai ekspresi kasih sayang. Tapi makna cinta sebenarnya jauh lebih luas dan dalam dari itu lho!

Kita bisa menemukan makna cinta dan kasih sayang yang sejati lewat beberapa 'ayat-ayat cinta' yang ditulis oleh Rasul Paulus dalam 1 Korintus 13.

Di 1 Korintus 13: 1, Paulus mengungkapkan bahwa cinta bukan sekedar kata-kata yang diucapkan, sebab perkataan tanpa kasih hanyalah sebuah kata-kata kosong yang tak berarti.

Di 1 Korintus 13:2, Paulus melanjutkan tentang karunia rohani, berhikmat dan memiliki iman yang sempurna. Orang ini saleh, namun tanpa kasih semua kehidupan keagamaannya itu percuma.

Di 1 Korintus 13: 3, Paulus menyatakan bahwa jika dirinya mengorbankan diri untuk orang lain, bahkan mati dalam pengorbanan itu, namun melakukannya tanpa cinta, maka tindakan itu sia-sia.

 

Baca Juga: 4 JENIS KASIH YANG ADA DALAM ALKITAB DAN PEMBAHASANNYA

 

Jadi apa yang kita katakan, apa yang kita percaya, apa yang kita lakukan, tanpa cinta didalamnya maka semua itu adalah kesia-siaan belaka.

Lebih lanjut lagi, di 1 Korintus 13:4-7 Paulus kembali menegaskan tentang definisi kasih yang sejati bahwa:

'Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.'

Kasih adalah kata kerja, hal inilah yang Paulus jabarkan melalui ayat-ayat di atas. Tetapi bukankah pada ayat 1 - 3 ditekankan bahwa kasih ini adalah sebuah pengorbanan.

'Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.' (1 Korintus 13:8-11)

Hakekat dari kasih yang tidak berkesudahan, kasih yang sempurna dan tidak akan pernah lenyap, bisa kita temukan Yohanes 4: 15-16, 'Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.'

 

Baca Juga: YUK AJAK ANAK BAGIKAN KASIH KE ORANG LAIN DENGAN CARA INI

 

Kasih yang sempurna itu adalah Allah sendiri, Dialah kasih yang kekal yang tidak akan lenyap oleh berlalunya waktu. Jika kita berada dalam Allah maka kita ada dalam kasih itu sendiri. Kehadiran Allah dalam hidup kita inilah yang membuat perbedaan dalam tindakan kasih yang kita lakukan.

Untuk merasakan kasih Tuhan dalam hidup kita adalah dengan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah, juru selamat, yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita dan bangkit pada hari ketiga.

Cinta sejati ini hanya bisa kita mengerti saat kita menjadi dewasa dan meninggalkan sifat kanak-kanak kita. Kita harus bertumbuh menjadi seorang yang dewasa, bukan dari usia tetapi juga dewasa secara mental dan secara rohani (1 Korintus 13:11). Dengan demikian kita akan bertumbuh dalam pengenalan akan Allah. Semakin kita bertumbuh dalam pengenalan akan Allah, maka kita akan semakin bertumbuh dalam kasih hingga tiba waktunya nanti kita berhadapan muka dengan muka dengan Sang Cinta itu sendiri dan disempurnakan oleh kasih-Nya yang sempurna.

 

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK