ARTICLE

Mon - Oct 30, 2023 / 96 / Parenting

Anak Percaya Yesus, Gelap Tak Lagi Menakutkan

Hal wajar jika seorang anak takut ketika listrik padam, karena gelap identik dengan sesuatu yang menakutkan. Namun jangan biarkan anak terus merasa ketakutan dalam kegelapan, karena jika dibiarkan akan memicu gangguan kecemasan pada anak bahkan mengalami fobia gelap. Mari ajak anak-anak kita untuk melawan rasa takut dengan mengajarkan mereka untuk percaya pada Yesus.

Baca juga : BELAJAR IMAN DAN BELAS KASIHAN DARI NABI ELISA

Mengenalkan anak tentang sifat Allah yang baik dan penuh kasih (Yohanes 8:12) “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.' Berilah penjelasan pada anak bahwa Tuhan Yesus selalu ada untuk anak-anaknya, Dia akan selalu menjaga walau didalam gelap sekalipun. Ajarkan anak supaya memahami makna dari ayat tersebut untuk percaya penuh pada Yesus, karena hanya didalamNyalah kita beroleh terang.

Berikan contoh yang baik untuk anak agar tidak takut dalam gelap dengan melakukan beberapa aktivitas seperti bermain dalam gelap, membacakan cerita atau menonton film yang menyenangkan, dan bernyanyi atau menari bersama. (Mazmur 27:1) “ 'Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?'

Baca juga : BAHAN SEKOLAH MINGGU : TIDAK TAKUT DAN PERCAYA PADA TUHAN

Ajak anak untuk terus dekat dengan Tuhan. Dengan anak semakin mengenal Yesus dirinya akan merasa semakin percaya dan memiliki rasa aman. Setelah anak berhasil melawan rasa takutnya akan gelap jangan lupa untuk memberinya apresiasi atau pujian.

Berdoa bersama anak ketika ketakutan dalam gelap nya muncul. Berdoalah agar anak bisa mendapat keberanian melawan rasa takut akan kegelapan, juga berdoa agar Tuhan selalu menjaga dan melindungi.

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK