ARTICLE

Tue - Mar 15, 2022 / 802 / Parenting

Ajarkan 5 Hal tentang Roh Kudus Kepada Anak, Agar Iman Mereka Semakin Kuat

Roh Kudus adalah bagian dari Allah yang hidup dalam diri kita. Memang cara bekerja Roh Kudus itu sangat misterius. Dia hadir lewat berbagai macam tantangan hidup, pergumulan, keseharian, dan saat kita melibatkan-Nya maka hubungan kita dengan Allah pun semakin dekat.

Nah apakah anak pernah bertanya-tanya seputar cara kerja Roh Kudus, apakah kita bisa merasakan kehadiran-Nya, haruskan berdoa agar Roh Kudus Hadir, dan lainnya. Coba yuk baca dan jelaskan kepada anak kita seperti di bawah ini…

 

Haruskah kita berdoa kepada Roh Kudus?

Berdoa langsung kepada Roh Kudus boleh saja, karena Allah adalah Trinitas dan Roh adalah bagiannya juga. Tapi alangkah baiknya sesuai dengan di Alkitab, ajarkan anak untuk tetap berdoa kepada Tuhan dan melibatkan Roh Kudus dalam doanya. Karena Roh Kuduslah yang bisa membantu anak untuk berkata-kata kepada Tuhan dan mengarahkan mereka untuk berjalan sesuai dengan arahan-Nya.

 

Apakah kita bisa menolak Roh Kudus?

Ketika kita menolak atau tidak setuju dengan firman Tuhan dan tidak berjalan sesuai kehendak-Nya, berarti sama saja menolak Roh Kudus. Contohnya seperti apatis pada firman Tuhan dan membenci orang-orang yang percaya pada Tuhan. Karena Roh Kudus memanggil kita untuk memberanikan diri dalam menghidupi iman kita. Tuhan yang akan membimbing hidup kita melalui Roh Kudus, agar karya-Nya bekerja dan berdampak lewat hidup kita.

 Baca juga : 15 TATA KRAMA YANG HARUS ORANG TUA AJARKAN KEPADA ANAKNYA SEJAK KECIL

Apa itu menghujat Roh Kudus?

Orang yang menghujat Roh Kudus adalah yang memutuskan untuk meletakkan hatinya melawan Tuhan dan kuasa-Nya. Ini adalah dosa yang tidak bisa diampuni, karena tanpa pertobatan, maka tidak ada pengampunan. Marah kepada Tuhan, ragu dengan keputusan-Nya, dan kecewa pada jalan Tuhan bukanlah bentuk penghujatan. Tapi penghujatan terjadi kalau kita benar-benar menolak sepenuhnya untuk percaya pada Tuhan.

 

Bisakah kita membuat Roh Kudus sedih (mendukakan-Nya)?

Ini bisa terjadi ketika kita dan Roh Kudus tidak sejalan. Manusia memang sudah diberikan Tuhan kehendak bebas. Namun Dia melengkapi kita dengan Roh Kudus agar apapun jalan yang kita tempuh bisa sesuai dengan kehendak-Nya dan memang itulah yang terbaik untuk kita. Tapi sayangnya, tidak sedikit dari kita yang mengambil jalan sesuai dengan kedagingan dan tidak melibatkan Roh Kudus.

Lakukanlah semua hal yang terbaik, taat kepada-Nya di setiap kehidupan kita, dan perlakukan orang lain dengan kasih. Itulah yang Roh Kudus inginkan dalam hidup kita.

 Baca juga : MURIDKAN ANAK SEDARI DINI KARENA ITULAH YANG TUHAN INGINKAN DARI ORANG TUA

Bagaimana Roh Kudus bisa memenuhi hidup kita?

Roh Kudus memenuhi hidup kita saat kita menyembah Tuhan dan kita ingin hadirat-Nya dalam hidup kita. Undang Roh Kudus untuk membantu kita dalam menumbuhkan iman, menanamkan sukacita, dan kekaguman kita kepada Tuhan.

Saat hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus, maka setiap lini hidup kita akan diarahkan dengan jalan Tuhan, dipenuhi kedamaian, sukacita, dan penyerahan diri pada Tuhan. Kita bisa menjadi garam dan terang dalam lingkungan manapun dan mampu memberikan yang terbaik karena Tuhan yang mengarahkannya.

Apakah Parents punya pertanyaan lagi tentang Roh Kudus, kakak bisa menaruhnya di kolom komentar agar kami bisa menjawabnya di artikel berikutnya. Tuhan Yesus memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK