ARTICLE

Fri - Jan 10, 2020 / 394 / Inspirational

AWAS BAHAYA BANJIR! SIAPKAN DIRI KITA DENGAN 4 HAL BERIKUT!

Akhir-akhir ini, hujan sering sekali turun. Bahkan, minggu lalu, banjir melanda Jabodetabek dan menyebabkan banyak sekali kerugian. Selain kerugian materi, salah satu dampak banjir tersebut adalah tubuh kita yang sangat rentan dengan penyakit.

Lalu, di tengah cuaca yang tidak menentu dan hujan yang cukup sering, kita wajib untuk berjaga-jaga, agar kita bisa, minimal, mengurangi dampak dari apapun yang akan terjadi nanti. Lalu, apa saja yang perlu kita siapkan untuk menghadapi hal ini?

Baca juga: 5 TANTANGAN GURU SEKOLAH MINGGU UNTUK MENDIDIK GENERASI ALPHA

  1. Istirahat yang cukup

Salah satu faktor kenapa orang bisa mudah terkena penyakit adalah karena kurangnya daya tahan tubuh. Salah satu penyebab kurangnya daya tahan tubuh adalah karena kurang istirahat. Di tengah cuaca yang tidak menentu ini, jangan terlalu memaksakan diri kita. Istirahatlah dengan cukup, agar daya tahan tubuh kita tetap kuat.

Sumber: Pexels
  1. Tentang makanan: Perhatikan apa dan kapan

Tubuh kita adalah bait Allah” Ayat ini sering banget kita dengar, dan sering dihubungkan dengan merokok. YaTapi, bukan hanya merokok loh yang merusak tubuh kita. Makanan yang tidak sehat, atau pola makan yang tidak teratur, itu punya dampak besar dalam merusak tubuh kita. Karena itu, perhatikan apa yang kita makan dan kapan saja kita makan, agar tubuh kita tetap sehat.

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Salah satu penyebab banjir adalah meluapnya saluran air yang  tersubat karena banyak sampah. Solusinya adalah membuang sampah pada tempatnya. Nah, solusi ini yang sulit untuk dilakukan. Kita sering acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar. Padahal,

Kalau takut memulai karena tidak ada yang memulai di sekitar kita, kenapa tidak menjadi yang pertama? Kita adalah garam dan terang dunia. Jadilah dampak bagi sekitar kita. Ayo, kita mulai dari sekarang.

Sumber: Republika
  1. Ketika hujan datang, siap sedialah

Mungkin agak sedikit berlebihan, tapi ini penting untuk diperhatikan. Ketika hujan datang, mulai amankan benda-benda yang bisa membantu kita andaikan terjadi banjir, seperti pakaian atau alat komunikasi. Selain itu, terus perhatikan curah hujan dan siap siagalah. Karena, jika kita lengah, bisa jadi kita kehilangan banyak hal.

Baca juga: BELAJAR DARI KASUS REYNHARD SINAGA! APA YANG BISA KITA LAKUKAN BAGI GENERASI ANAK?

Meskipun cuaca tidak menentu, bahaya banjir mengancam, jangan pernah lupa satu hal. “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan” Jadi, tetap mengucap syukur, karena Tuhan tahu yang terbaik dalam hidup kita.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK