ARTICLE

Fri - Jan 10, 2020 / 1201 / Sunday School

5 Tantangan Guru Sekolah Minggu untuk Mendidik Generasi Alpha

Tahukah kakak, kalau kita harus sangat amat bersiap-siap menyambut perkembangan anak-anak generasi alpha? Karena mereka (anak dari generasi milenial) akan menjadi generasi yang paling banyak di antara yang pernah ada. Menurut Mark McCrindle, peneliti sosial, setiap minggunya saja, sebanyak 2,5 juta anak lahir lho!

Dengan perkembangan yang begitu pesat dan kebutuhan anak generasi alpha yang berbeda dari generasi sebelumnya, yuk kita sebagai Super Teacher segera mempersiapkan diri agar dapat melayani mereka dengan maksimal.

Baca juga : SIAPA BILANG MELAYANI GENERASI ANAK SEMAKIN SUSAH?! INI CARA MELAYANI MEREKA!

Gambaran Generasi Alpha

Generasi ini adalah anak-anak yang lahir mulai tahun 2010. Anak-anak pada generasi ini sudah mempunyai keterampilan menggunakan gawai atau gadget sebelum memasuki usia sekolah dasar. Terbayangkan bagaimana kebutuhan mereka akan teknologi begitu besar karena orangtua mereka (generasi milenial) sudah terbiasa menggunakan gadget.

Tantangan yang Super Teacher Hadapi

1. Generasi yang lebih mandiri

Setiap anak di generasi ini mempunyai pikiran yang lebih terbuka karena mereka mempunyai lebih banyak akses untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu, kita sebagai guru jangan mau kalah dengan pengetahuan mereka. Cari tahu lebih banyak informasi terkait materi sekolah Minggu yang akan dibawakan. Agar apabila anak bertanya dan cukup kritis, kita dapat menjawabnya.

 Sumber : taylor herring

2. Melek dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris

Inilah alasannya beberapa gereja, terutama yang berada di kota sudah menerapkan sekolah Minggu dalam bahasa Inggris. Biasanya anak-anak generasi ini yang berada di daerah perkotaan, sudah mendapatkan literasi Inggris di sekolahnya dan akhirnya mereka bawa ke kehidupan sehari-harinya. Nggak ada salahnya kan kakak juga kembangkan kemampuan berbahasa kakak.

 

3. Cenderung pendiam

Jangan kaget kalau sekolah Minggu kakak tidak seramai tahun-tahun sebelumnya, karena anak-anak generasi alpha ini pendiam. Sikap ini dapat dipengaruhi karena terlalu sering menggunakan gadget dibandingkan dengan beraktivitas di luar ruangan. Komunikasi mereka agak terbatas dan tugas kitalah yang mengajak mereka ke dunia ‘nyata’.

Baca juga : INGIN AJARI ANAK SAAT TEDUH SEDARI DINI? TERAPKAN CARA-CARA BERIKUT!!

 4. Tantangan sosial

Bagi anak-anak generasi alpha yang sudah yang bersekolah di sekolah negeri biasanya akan merasakan hal ini. Sampai saat ini di Indonesia masih menghadapi krisis toleransi karena perkembangan kaum fanatisme. Disinilah tantangan guru-guru sekolah Minggu untuk membantu anak-anak yang mendapatkan tekanan di sekolahnya, agar bisa mendapatkan penerimaan dan kekuatan secara spiritual maupun psikologis.

 

5. Fasilitasi potensi anak

Perkembangan teknologi dan penggunaan bahasa asing cukup membuat persaingan di generasi ini menjadi besar. Kita sebagai guru harus kritis dengan perkembangan ini juga dan membuka kesempatan bagi anak untuk bisa mengembangkan potensinya di gereja agar pelayanan semakin beragam.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK