ARTICLE

Mon - Sep 30, 2019 / 1351 / Parenting

ANAK CANDU GADGET? GIMANA SIH CARA MENGHINDARINYA?

Di era digital sekarang, hampir semua orang memiliki gadget sebagai alat komunikasi. Bahkan, banyak anak-anak yang sudah diperbolehkan untuk memiliki gadget sendiri. Emang salah ya kak anak-anak memiliki gadget sendiri? Tidak salah kok kak, asalkan si anak tidak kecanduan gadget. Makanya, perlu kontrol dari orang tua agar anak paham bagaimana cara menggunakan gadget dengan baik.

Terus, gimana aja sih caranya supaya SuperParents bisa kontrol anak dalam menggunakan gadget? Yuk kita cari tahu bersama.

Baca juga: YUK, AJARIN ANAK SEKOLAH MINGGU KITA MEMILIH SONGLIST LAGU!

  1. Ajarkan anak cara menggunakan gadget yang sesuai

Banyak orang tua yang hanya memberikan gadget kepada anak, tanpa mau mengajari anak bagaimana cara bijak menggunakannya. Padahal, anak-anak perlu diajari apa sih fungsi sebenarnya dari gadget. Jika tidak, mereka akan menggunakan gadget mereka secara sembarangan. Lalu, gimana sih cara ajari mereka?

SuperParents harus beritahu alasan kenapa anak diberikan handphone, seperti untuk berkomunikasi dengan orang tua dan teman-temannya. Lalu, ajarkan mereka juga game jenis apa saja yang boleh didownload. Jangan lupa, ingatkan anak anda soal galeri mereka, foto, video, dan lagu apa saja yang boleh ada di dalam handphone mereka.

Sumber: Youtube
  1. Berikan batasan penggunaan gadget

Sebagai orang tua di era digital, penting banget buat SuperParents untuk memberikan jadwal menggunakan gadget kepada anak. Karena, gadget bisa membuat kecanduan ketika tidak dengan kontrol yang baik. Bahkan, ini juga bisa terjadi pada orang tua loh. Jadi, jangan diremehkan tentang kecanduan gadget ini kak

Lalu, gimana caranya mengontrol penggunaan gadget anak? Ada dua cara. Pertama, atur dengan jam per hari. Normalnya, anak diberikan waktu sekitar 2 jam untuk menggunakan gadget setiap harinya. Kedua, atur dengan hari penggunaan. SuperParents bisa berikan sekitar 3-4 hari dengan sekitar 3 jam per hari. SuperParents bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan bersama anak.

Sumber: Times Indonesia
  1. Kenalkan anak dengan hal lain yang positif

Jangan lupa SuperParents, kenalkan mereka juga dengan dunia luar. Ajak mereka ke luar kota, berolahraga, atau melakukan hobi mereka. Yang pasti, biarkan anak untuk tidak terikat dengan gadget dengan hal positif. Melakukan hal positif bersama anak, selain bermain gadget, akan membuat anak lebih bahagia loh SuperParents.

Baca juga: 5 AYAT YANG AJARKAN KITA MENGUCAP SYUKUR!

Wah, tips-tips yang sangat menarik ya SuperParents. Penting banget untuk memperhatikan apa saja yang dilakukan oleh anak kita, dan memantau mereka. Tentu, SuperParents tidak ingin menyesal di kemudian hari kan, karena anak anda melakukan sesuatu yang tidak anda inginkan? Jadi, ayo kita makin aware lagi dengan hal ini.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK