ARTICLE

Tue - Nov 19, 2019 / 237 / Parenting

ANAK BERUBAH KARENA LINGKUNGAN NEGATIF? TANGGULANGI DENGAN HAL INI!

SuperParents, kita semua pasti setuju bahwa lingkungan membentuk kepribadian seseorang, termasuk anak kita. Terlebih, jika anak kita sudah memiliki lingkungan baru, seperti sekolah, tetangga, bahkan gereja. Tentu, sebagai orang tua, kita memiliki ketakutan jika anak nanti berubah ke arah yang negatif karena lingkungan.

Baca juga: INGIN ANAK ANDA MENJADI DAMPAK? BIASAKAN 3 HAL BAIK INI PADA ANAK ANDA!

Terus, bagaimana sih cara yang paling tepat untuk membantu anak memilih lingkungan yang tepat bagi mereka? Yuk SuperParents, kita simak bersama.

  1. Kontrol Lingkungannya

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan orang tua jaman sekarang. Orang tua sering melarang anak untuk berteman dengan seseorang yang menurut mereka negatif, bahkan rela untuk memaksa anak agar memutuskan hubungan pertemanan mereka? Tapi, sebenernya cara itu benar tidak ya? Semua tergantung cara SuperParents. Maka dari itu, SuperParents harus melakukan kontrol terhadap lingkungannya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan cara sering bertanya kepada anak. Bertanya tentang bagaimana lingkungan barunya, apa saja yang dilakukan, bahkan ajak anak untuk bercerita tentang teman-temannya. Ketika SuperParetns sudah menemukan ada satu lingkungan, atau teman, yang sedikit negatif, ingatkan dia untuk tidak melakukan hal negatifnya, tapi jangan langsung sampai menjauhi temannya dan lingkungannya. Karena bagaimanapun, kita adalah garam dan terang dunia. :)

Sumber: Bored Panda
  1. Budayakan kebenaran  di rumah

Rumah harus menjadi tempat paling pertama untuk mengajarkan kebenaran. Kenapa? Karena, hidup dalam kebenaran dari rumah tersebut akan menjadi gaya hidup anak. Jadi, ketika anak masuk ke dalam lingkungan baru, mereka bisa menjadi dampak disana, dan bisa menginspirasi orang lain. Ini adalah cara yang ampuh loh SuperParents.

Lalu, nilai kebenaran seperti apa yang harus dibudayakan? Selain berdoa, baca Alkitab, dan saat teduh, ada banyak hal baik yang bisa dibudayakan. Memperkatakan hal positif, saling membantu, menghormati orang lain, dan berkata jujur menjadi beberapa nilai kebenaran yang harus diajarkan dari rumah. Percaya deh SuperParents, ketika mereka hidup dalam kebenaran, mereka pun bisa memilih yang mana yang benar dan tidak, tanpa SuperParents larang dengan keras.

Baca juga: ANAK SEDARI KECIL SUDAH PEKA? YUK, KENALI CIRI-CIRINYA!

Ingat SuperParents, bahwa anak kita adalah penerus generasi selanjutnya. Jadi, pastikan bahwa anak berada pada nilai yang sesuai dengan kebenaran. Karena, di luar kebenaran firman Tuhan, kita tidak bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Jadi, siap untuk mendidik anak menjadi generasi yang mengasihi Tuhan, mencintai firman Tuhan, dan menjadi dampak?

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK