ARTICLE

Tue - Oct 05, 2021 / 350 / Parenting

9 Tips Ampuh Meningkatkan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi anak yang hebat dan berdampak saat mereka dewasa nanti. Maka orang tua tidak hanya bertugas untuk merawat mereka saja, tapi juga mendidik dengan baik. Peran orang tua dalam mendidik bisa dimulai dari hal-hal kecil di rumah lho!

Pentingnya Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan

Menurut National PTA keterlibatan orang tua dalam pendidikan mengarah pada keberhasilan anak yang lebih besar dan peningkatan kepercayaan diri.

Banyak orang tua keliru mempercayai bahwa pendidikan anak-anak mereka sepenuhnya berada di tangan guru. Tetapi penelitian dengan kuat mendukung pentingnya keterlibatan orang tua. Hasilnya anak lebih cenderung memiliki nilai ujian yang lebih tinggi, bersekolah secara teratur, memiliki keterampilan sosial yang lebih baik, menunjukkan perilaku yang lebih baik, dan beradaptasi dengan baik di sekolah.

Dukungan dan keterlibatan orang tua juga dapat bermanfaat bagi anak-anak dari segala usia pada tingkat perkembangan yang bahkan dapat melampaui nilai akademis.

Baca juga : KALAU DOA ANAK TIDAK KUNJUNG DIJAWAB TUHAN, KENAPA HARUS TETAP BERDOA?

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak, yaitu:

  1. Hadir di Sekolah Jika Memungkinkan

Cara ini membuat anak-anak sadar bahwa Superparents peduli dengan pendidikan mereka dan bisa mendapatkan perhatian anak.

 

  1. Tunjukkan Minat pada Tugas Sekolah Anak

Dukunglah perjuangan anak, misalnya dengan mendampingi anak saat mengerjakan tugasnya dan turutlah gembira atas keberhasilan anak.

 

  1. Ajak Anak Menyukai Sekolah

Orang tua yang menjaga sikap positif tentang pendidikan lebih cenderung memberikan pandangan cerah itu kepada anak. Sebab, anak kecil khususnya masih membentuk pikiran dan perasaan mereka terhadap sekolah.

 

  1. Jadilah Panutan

Anak-anak mudah terinspirasi oleh orang tua. Oleh karena itu, jadilah teladan dan tunjukkan pada anak betapa menyenangkan kehidupan sekolah jika mereka memberikan yang terbaik.

 

  1. Awasi Aktivitas Anak

Hal ini bisa mempengaruhi dengan cara mereka menyerap pelajaran baik di rumah atau sekolah. Ajarkan anak mengelola waktu dengan tepat dan perbaiki setiap perilaku yang tidak baik sejak masa kanak-kanak.

 Baca juga : AJAK ANAK MENELADANI HIDUP DANIEL, TOKOH ALKITAB YANG TAAT

  1. Buat Suasana yang Menyenangkan

Bangun suasana yang menyenangkan, baik suasa untuk belajar ataupun kehidupan di dalam rumah yang hangat.

 

  1. Jalan-jalan Sambil Belajar

Mengajak anak jalan-jalan sambil belajar merupakan ide yang baik. Misalnya sesekali ke museum atau kebun binatang untuk membantu mereka berinteraksi dengan alam dan mempelajari hal-hal yang baru.

 

  1. Bangun Quality Time dengan Anak

Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Namun, sisihkan waktu untuk anak dan jangan biarkan mereka kesepian di rumah. Hadir dalam setiap momen penting anak juga bisa menjadi quality time yang baik.

 

  1. Berbagi Pengalaman Pribadi

Ide yang baik bagi orang tua untuk berbagi beberapa pengalaman kehidupan saat bersekolah. Ceritakan pengalaman positif dan negatif untuk membantu anak untuk memahami pentingnya belajar.

Jika Superparents dan anak sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan doa, Superparents bisa menghubungi Sahabat 24 dengan klik di bawah ini.

Saya Ingin Didoakan

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK