ARTICLE

Mon - Jan 28, 2019 / 1267 / Parenting

9 Kata yang Harus Rajin Diucapkan Orangtua Kepada Anak

Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!(Mazmur 141: 3)

Tidak mudah kita menjaga perkataan apalagi pada saat berkata kepada anak. Secara tidak sadar kadang ada kata-kata kita yang ternyata berpengaruh pada tumbuh kembangnya anak tersebut. Ada juga kata-kata yang seharusnya dikatakan oleh kita setiap hari kepada anak. Namun karena bermacam alasan, akhirnya lewat begitu saja, tidak ada yang terucap, malah berharap anak tetap bisa mengerti dan maklum.

Kata-kata kita itu penting lho untuk anak! Inilah ekspresi kasih sayang kita secara langsung kepada mereka. Oleh karena itu, jangan lupa mengucapkan 9 perkataan ini kepada mereka:

  1. “Papa dan mama sayang banget sama kamu!”

Katakanlah hal ini setiap ada kesempatan. Akan lebih baik lagi jika mengatakannya sambil memberikan pelukan maupun belaian.

 

  1. “Mama senang deh kamu bisa melakukan hal ini.”

Sebutkan hal positif dari tingkah laku anak. Ingat bahwa niat dan usaha anak saat melakukan sesuatu itu lebih penting daripada hasilnya. Misalnya saat mereka menang lomba bernyanyi, beri anak pujian karena ia telah berusaha dan terus berlatih untuk memberikan nyayian terbaik, bukannya telah memenangkan lomba tersebut. Dengan adanya motivasi dari orangtua, anak akan terus berusaha melakukan yang terbaik.

 

  1. Karena kamu, papa dan mama bahagia sekali.”

Ekspresikan bahwa dengan kehadiran mereka, Anda menjadi bahagia. Anak akan merasa dirinya menjadi bernilai dan keberadaannya bermakna bagi Anda.

 

  1. “Papa dan mama bangga sama kamu, nak.”

Jangan pelit memberikan pujian saat anak mencoba hal baru, membuat sesuatu, berkonsentrasi, dan hal lainnya. Anakpun akan bertumbuh dengan memiliki perasaan yang terpenuhi.

 

  1. “Kamu benar-benar istimewa, sayang.”

Hindari membanding-bandingkan anak dengan teman ataupun saudaranya sendiri. Setiap anak tidaklah sama. Mereka mempunyai perasaan yang istimewa dan kemampuan masing-masing. Nah yang mampu menyadari dan mengembangkannya ya hanya Anda sebagai orangtua.

 

  1. “Papa dan mama percaya kok sama kamu.”

Orangtua harus percaya dengan anak, agar ia dapat lebih percaya diri dan bisa mempercayai orang lain juga. Kepercayaan orangtua kepada mereka adalah titik awal dimana anak dapat membangun perasaan hatinya.

 

  1. “Papa dan mama selalu ada di samping kamu kok.”

Selama masa pertumbuhan anak, ada kalanya ia akan mengalami kesulitan dan kecemasan. Penting sekali untuk menyadarkan bahwa dalam situasi apapun, Anda akan menemaninya saat melewati masa-masa yang sulit.

  1. “Kamu pasti bisa sayang! Yuk kita coba bersana.”

Beritahukan kepada anak betapa pentingnya berani menghadapi tantangan dan tidak takut kegagalan. Beritahukanlah kepadanya agar jangan terlalu khawatir terhadap hal-hal yang belum terjadi dan lebih baik mencobanya terlebih dahulu.

 

  1. “Papa dan mama sangat bersyukur sekali karena ada kamu.”

Ekspresikan rasa terima kasih dan syukur Anda. Alasannya agar anak bisa bertumbuh dengan rasa syukur terhadap dirinya dan lingkungan sekitarnya. Ketika anak mengetahui bahwa orangtuanya menyukai keberadaan mereka, maka anak bisa tumbuh dengan lebih bahagia.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK