ARTICLE

Thu - Nov 12, 2020 / 417 / Sunday School

Apakah Dinosaurus Ada dan Disebutkan di Alkitab? Ini Penjelasannya

Mungkin kakak hampir tidak pernah menemukan pertanyaan ini di sekolah minggu kakak. Tapi mimin dulu pernah bingung dan agak kelabakan menjawab pertanyaan ini di sekolah minggu. Itu karena mimin masih ABG dan belum banyak mendalami Alkitab. Pasti penasaran kan apa pertanyaannya? Hehe…

“Kak, apakah dinosaurus itu ada? Kalau ada, kok di Alkitab nggak disebutin.”

Ada beberapa orang Kristen yang berpendapat kalau dinosaurus itu tidak ada. Namun bukti arkeologis yang sangat banyak membantah argumen ini. Harus dicatat bahwa Alkitab menyebutkan beberapa hewan ganas lainnya, seperti ikan besar yang menelan Yunus (Yunus1:17).

Lalu dinosaurus benar ada di Alkitab kah?

Baca juga : AKTIVITAS YANG BISA GURU SEKOLAH MINGGU LAKUKAN SAAT MENUNGGU IBADAH DEWASA SELESAI

Jadi gini kak, ada dua contoh di Alkitab yang bisa menjelaskan keberadaan dinosaurus atau setidaknya makhluk mirip dinosaurus. Memang di Alkitab tidak disebutkan secara terang-terangan bentuknya, namun digambarkan secara metafora.

 

Behemot (Ayub 40 :15-24)

Dalamkitab Ayub, makhluk ini digambarkan memiliki ekor seperti pohon aras. Dikatakan juga kalau binatang raksasa ini memiliki tulang besar seperti pembuluh tembaga dan batang besi. Dari penggambaran ayat ini, seolah-olah Alkitab sedang menggambarkan makhluk yang mirip dengan Diplodokus . Memang dalam teks disebutkan Tuhan sedang menggambarkan kuda nil. Akan tetapi, kuda nil kan tidak punya ekor seperti pohon aras.

 

Lewiatan (Ayub 41)

Pada pasal berikutnya, para teolog memberikan gambaran yang dijelaskan ini sebagai buaya.Tapi kalau kita baca baik-baik dan membayangkan ciri-ciri yang digambarkan, tampaknya ini bukan sekadar buaya. Leviathan punya kulit yang berlapis sehingga tidak bisa ditembus oleh pedang, tombak, ataupun lembing. Penulis mencatat anggota tubuh hewan ini dan menggambarkannya begitu kuat.

Dalam Mazmur 104: 26 digambarkan bahwa Lewiatan ini hidup di air, jadi tidak heran orang menggambarkannya buaya. Dan pada Yesaya 27:1, lewiatan digambarkan sebagai ular yang melingkar.

Baca juga : MENJELASKAN PENGHARAPAN KEPADA TUHAN LEWAT PERMAINAN YANG SERU DI SEKOLAH MINGGU

Mungkin bentuknya seperti buaya, tetapi Ayub menunjukkan bahwa makhluk ini bisa menghembuskan api dari mulutnya (Ayub 41: 18-21). Padahal buaya dan jenis reptil lainnya belum ada yang pernah dikenal bisa menghirup atau menyemburkan api. Ini menunjukkan kemungkinan ada spesies mirip naga pada zaman Ayub.

Tuhan memang menciptakan beraneka ragam jenis hewan pada masa itu dan kita bisa melihat buktinya sampai saat ini walaupun memang belum lengkap. Dengan penggambaran yang ada di Alkitab, bisa disimpulkan bahwa periode keberadaan manusia dengan dinosaurus itu ada bersamaan. Kita harus ingat juga bahwa dalam Alkitab, semua hal tercatat, apalagi semua jenis binatang yang ada.

Sumber: christianity.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK