ARTICLE

Mon - Apr 26, 2021 / 3836 / Parenting

7 Manfaat yang Bisa Anak dan Anggota Keluarga Dapatkan Saat Berdoa Bersama

Komunikasi adalah dasar yang kuat untuk keluarga. Sama dengan saat kita ingin membangun iman masing-masing anggota keluarga, kita juga memerlukan komunikasi sebagai pondasinya. Tidak sedikit orang tua lupa mengajak anaknya untuk berdoa sebelum tidur, saat mau makan, dan lainnya. Berharap anak sudah bisa melakukan doanya sendiri. Padahal tidak ada salahnya kalau kita berdoa bersama mereka.

Superbook mau mengajak para Superparents nih, untuk menanamkan pola komunikasi yang kuat antara anak, keluarga, dan Tuhan (tentunya yang paling utama). Bagaimana caranya? Tentunya dengan doa keluarga. Doa keluarga itu banyak sekali manfaatnya lho. Ini penjelasannya:

Baca juga : MENGAPA HARUS TAAT DENGAN ORANG TUA ? INI JAWABAN YANG TEPAT !

  1. Doa keluarga sebagai waktu bersyukur

Mengucap syukur bersama dengan seluruh anggota keluarga yang ada di rumah, bisa membantu kita menyadari betapa Tuhan memberkati kita. Berdoa syukur juga bisa membawa kebahagiaan, rasa optimis, dan kegembiraan ke dalam keluarga. Dengan memuji Tuhan, kita bisa mengajarkan kepada anak bahwa Tuhan itu nyata, berkuasa, dan penuh kasih kepada umat-Nya.

 

  1. Saling dukung

Sebelum berdoa, Superparents bisa berdiskusi terlebih dahulu bersama anggota keluarga atas doa apa yang sudah Tuhan kabulkan, supaya kita bisa mengucap syukur. Setelah itu, diskusikan juga harapan dan permintaan yang ingin disampaikan kepada Tuhan. Hal ini bisa menjembatani setiap anggota keluarga untuk saling terbuka dan mengerti satu dengan lainnya sehingga bisa saling mendukung secara spiritual.

 

  1. Membangun ikatan dengan Tuhan

Kebiasaan berdoa menyatukan keluarga untuk berbagi suka duka hidup dan cara Tuhan bekerja dalam hidup. Saat kita berbagi cerita, ikatan keluarga kita semakin erat, sekaligus Tuhan juga menjadi bagian dari keluarga.

 

  1. Membuka hati untuk pengampunan

Tuhan mengampuni kita, apapun kesalahan kita asalkan kita datang dan mengakui segala kesalahan kita di hadapannya. Untuk itulah, Tuhan juga ingin kita bisa saling mengampuni, apalagi antar anggota keluarga.

 Baca juga : 3 TIPS JITU MENGAJARKAN ANAK-ANAK HIDUP DENGAN KASIH MENURUT ALKITAB

  1. Doa keluarga mengajarkan anak-anak untuk mencari Tuhan terlebih dulu

Doa adalah parenting yang alami . Ulangan 6: 6-7 menyatakan bahwa kita harus menyimpan firman Tuhan di hati kita dan membagikannya dengan anak-anak kita. Saat anak mengalami iman melalui doa, itu akan membantu mereka mencari Tuhan setiap saat.

 

  1. Iman sebagai prioritas

Berdoa bersama melibatkan komitmen waktu dan iman satu sama lain dan Tuhan. Dari sinilah setiap anggota menjadikan iman dan keluarga sebagai prioritas utama. Setiap anggota keluarga, termasuk oleh Tuhan menginginkan yang terbaik terjadi atas hidup mereka.

 

  1. Mengembangkan perspektif Tuhan

Dengan membaca firman Tuhan sebelum berdoa, kita bisa melihat bagaimana Tuhan bekerja dalam kehidupan para tokoh-tokoh Alkitab. Membaca tentang apa yang Yesus ucapkan, juga membantu setiap anggota keluarga mengerti pandangan Tuhan terhadap hidupnya.

 

Kita bisa mempercayakan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita kepada Tuhan hingga mereka dewasa. Mungkin ada anak yang menyimpang imannya disaat proses tersebut, tapi kenangan saat kita berdoa bersama mereka akan mengantarkan mereka untuk kembali kepada Tuhan dan mengingatkan mereka saat adanya pergumulan.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK