ARTICLE

Fri - Jul 15, 2022 / 19690 / Sunday School

7 Doa yang Perlu Dipanjatkan untuk Keberlangsungan Sekolah Minggu

Apakah kakak guru sekolah minggu (GSM) sedang bergumul dengan kondisi sekolah minggu di gereja kakak? Saya pikir pasti semua gereja punya pergumulan di pelayanan anaknya. Itulah pentingnya doa untuk sekolah minggu. Ada banyak hal yang perlu didoakan agar membantu GSM bisa menjaga Tuhan tetap sebagai pusat semua kegiatan.

Sekolah minggu memang bukanlah sekolah formal yang begitu memakan banyak waktu untuk belajar. Tapi disinilah anak bisa belajar hubungan dengan Tuhan dan sesama. Mereka semakin mengenal Tuhannya dan mendapat bekal sikap, pikiran, serta disiplin sesuai iman untuk diamalkan dalam kehidupannya.

Tuhan sangat menyayangi sekolah minggu dan anak-anak. Sekarang bagaimana kita mengundang Dia untuk memberikan kebijaksanaan dan kekuatan dalam menjalankan semua kegiatan. Doa adalah hal yang paling bernilai. Inilah yang perlu kita doakan terkait sekolah minggu yang sedang dijalankan:

Sumber: myocn.net

1. Menghabiskan waktu bersama Tuhan

Sebagai GSM atau pengurus sekolah minggu, kita perlu mempersiapkan hati dan pikiran untuk mengajak anak agar bisa menghabiskan waktunya bersama Tuhan. Bukan hanya itu saja, kita perlu doakan mereka agar kuasa Roh Kudus memberikan anak-anak kebijaksanaan dalam mendengar dan kakak untuk menyampaikan firman Tuhan.

 

2. Firman Tuhan

Kakak sebagai GSM harus mendoakan anak-anak agar tetap menjadikan Tuhan dan firman-Nya sebagai inti kehidupan mereka.

 

3. Hubungan dengan anak

Doakan juga fokus kakak pada hubungan dengan anak-anak sekolah minggu agar tetap terjaga baik di gereja maupun di luar gereja.

 

4. Karakter anak

Kakak juga perlu mendoakan karakter Tuhan yang setiap minggunya para GSM tanam di dalam hati anak-anak. Agar mereka kedepannya bisa menjadi garam dan terang bagi sesamanya.

 

5. Memenangkan hati anak

Berdoa untuk bisa memenangkan hati anak-anak sekolah minggu kakak. Jadi mereka juga punya kerinduan untuk terus datang beribadah karena merasa punya keterikatan dengan firman dan sekolah minggunya.

 

Sumber: missioncambodia

 

6. Mengajar dan melatih ajaran Alkitab

Doakan agar kakak dapat mengajar dan melatih anak-anak sesuai ajaran Alkitab, bukan sekedar berdasar dari pengertian diri sendiri. Terkadang godaan kita untuk mengutarakan sesuatu yang tidak berdasar Alkitab itu besar padahal informasi tersebut tidak dibutuhkan anak. Pada akhirnya anak menjadi mudah bosan dan tidak fokus pada firman. Untuk itulah hikmat diperlukan.

 

7. Tujuan sekolah minggu

Ingatlah akan tujuan diadakannya sekolah minggu. Doakan agar bisa tercapai dan menjadi prioritas utama. Jangan sampai terganggu dengan pemikiran bahwa sekolah minggu hanyalah sebagai “rutinitas” saja.

Apakah kakak bersama guru sekolah minggu lainnya sudah pernah berdoa seperti ini? Yuk kita mulai dari sekarang agar sekolah minggu bukan hanya menjadi wadah saja, tapi juga saluran berkat bagi anak dan keluarga. Tuhan Yesus memberkati. (CC)

Baca juga:

INI ALASANNYA MENGAPA TUHAN BEGITU MENCINTAI ANAK-ANAK. BAGAIMANA DENGAN KITA?

2 PERMAINAN KEREN UNTUK MEMBANTU GURU SEKOLAH MINGGU SAAT MENGAJAR

8 HAL YANG GURU SEKOLAH MINGGU TIDAK PERNAH KATAKAN KEPADA ANDA.

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK