ARTICLE

Thu - Feb 09, 2023 / 905 / Sunday School

6 Tips Mengajar Buat Kakak GSM Supaya Kelas Aman Terkendali

Setiap kakak Guru Sekolah Minggu (GMS) yang baru pasti pernah mengalami kendala di ruang kelas sekolah minggu. Salah satunya kewalahan dalam mengatur anak-anak.

Seperti dikutip dari Churchleaders.com, kakak bisa menerapkan 6 tips mengajar supaya kelas yang aman terkendali:

1. Berdoa

Sebagai pengingat. Doa bukanlah pilihan terakhir. Tapi selalu mulai kelas Sekolah Minggu dengan doa. Lalu luangkan waktu khusus mendapatkan kekuatan menghadapi setiap anak di dalam ruangan.

2. Buat anak tetap dalam posisi duduk selama ibadah sekolah minggu

Ada baiknya membagi anak dalam tim atau kelompok. Bahkan saat waktu games, pastikan mereka tetap duduk dan buat mereka sibuk mengikuti instruksi kakak sekalian. Ingatkan anak kalau games tidak akan dimulai jika mereka masih sibuk dengan kepentingannya masing-masing.

 

Baca Juga: KALAU KAKAK GSM TIDAK PUNYA KARAKTER INI, KAKAK BELUM BISA JADI GURU TERBAIK LHO

 

3. Berikan instruksi satu per satu

Supaya anak tetap fokus, beritahukan mereka apa yang harus dilakukan satu per satu. Hindari menyampaikan instruksi sekaligus. Karena itu hanya akan membuat kondisi semakin kacau.

4. Berikan giliran secara adil

Anak-anak sangat suka komplain ketika mereka tidak dilibatkan dalam kegiatan. Jadi atasi masalah ini dengan membuat kotak nama secara random dan minta setiap anak mengambil satu nama. Mereka akan tenang menunggu giliran jika dilakukan dengan cara yang adil.

5. Pilih anak yang punya kapasitas memimpin

Beberapa anak mungkin sudah punya kapasitas memimpin sejak dari kecil. Sebagai guru sekolah minggu, kakak bisa mengambil kesempatan ini untuk menunjuk mereka membantu kakak mengerjakan tugas kecil selama ibadah sekolah minggu. Misalnya, meminta dia untuk membagikan lembaran kertas permainan atau membantu memimpin kelas dalam doa. Pastikan untuk memberikan dia kepercayaan untuk mengendalikan suasana kelas.

 

Baca Juga: INI CARANYA JADI GURU SEKOLAH MINGGU YANG KREATIF DAN INOVATIF DI ERA DIGITAL

 

6. Sampaikan aturan yang harus anak patuhi sejak hari pertama

Di minggu pertama mengajar dan bertemu dengan anak-anak, pastikan kakak-kakak menyampaikan dengan jelas aturan yang berlaku selama ibadah berlangsung. Ingatkan mereka konsekuensi yang akan diterima jika aturan tersebut dilanggar. Pastinya konsekuensi ini hanya dalam bentuk pendisiplinan yang ringan ya!

Sebagai GSM, menguasai teknik manajemen kelas dan disiplin sangat penting. Tanpa memiliki kemampuan manajemen kelas, kakak hanya akan berhadapan dengan rasa frustrasi saat berhadapan dengan beragam karakter anak.
Tapi yang jelas, tetap mengajar dengan kelemahlembutan dan kasih ya kakak-kakak. Bagaimanapun kita bertanggung jawab mengajar anak untuk mengalami kasih Tuhan dalam hidupnya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK