ARTICLE

Wed - Sep 05, 2018 / 1332 / Inspirational

6 Prinsip Penting dalam Kesuksesan Mengatur Keuangan Keluarga

Perencanaan adalah hal yang penting bagi keluarga, terutama masalah keuangan. Biasanya pengaturan ini dipegang oleh seorang ibu. Dengan membuat perencanaan keuangan yang baik, maka semua keperluan dapat di penuhi. Apalagi kalau sudah punya anak, wah pos keuangannya akan semakin banyak nih.

Mulai sekarang, yuk miliki perencanaan yang rapih dan detail. Berikut ini ada 6 prinsip dasar yang perlu Anda pegang dalam membuat perencanaan keuangan keluarga :

 

1. Belanja lebih kecil daripada pendapatan

Ini hukum pertama yang wajib dipatuhi. Sangat sederhana namun sering dilanggar. Jangan pernah belanja lebih besar dari pendapatan Anda. Masalah besar dimulai dari melanggar hal ini. Ketika besar pasak dari pada tiang, Anda akan mulai membuat lubang yang terus menerus semakin dalam sehingga sulit keluar dari lubang tersebut. Daripada hal itu terjadi, lebih baik menghindari bukan? Jadi, belanjalah dengan bijak, hindari tergiur dengan kebutuhan tersier agar Anda lebih bahagia.

Baca juga : BELAJAR TERUS MENGEJAR MIMPI TANPA PUTUS ASA DARI REBECCA, PENARI BALET INDONESIA

2. Hindari hutang

Terus terang kartu kredit begitu menggoda. Apa yang nggak bisa kita beli hari ini, sangat bisa dibeli dengan hutang. Namun perlu diingat, hutang akan membuat Anda sengsara apalagi kalau tidak bisa mengembalikannya. Lantas, mungkinkah hidup tanpa berhutang? Tentu saja sangat mungkin.

Jika Anda menjalankan prinsip pertama belanja lebih kecil dari pendapatan, maka Anda nggak perlu berhutang. Tahan semua keinginan membeli sesuatu kecuali Anda sudah sanggup membelinya. Namun jika Anda sangat mengidamkan sesuatu, tabunglah secara teratur sampai Anda mampu membeli apa yang Anda inginkan tersebut tanpa perlu berhutang.

Sumber: The Better India

3. Hidup sederhana

Tidak harus semua yang kita inginkan harus dibeli dan terpenuhi. Hiduplah sesuai dengan kebutuhan Anda dan selebihnya tabung serta berikan kepada orang lain yang membutuhkan, demikianlah hidup supaya hidupmu memiliki arti. Seperti  tertulis di 1 Korintus 13?

Hidup sederhana bagi setiap orang berbeda-beda. Misalnya : jika Anda sangat kaya, cukup memiliki satu atau dua kendaraan saja, tidah harus mengoleksi kendaraan seolah sedang menunjukkan kekayaan Anda. Sebaliknya, syukuri apa yang ada dan hiduplah seadanya. Temukan cara untuk menikmati kesenangan bersama keluarga Anda tanpa harus mengeluarkan biaya berlebihan .

Baca juga: 3 DESTINASI WISATA YANG BIKIN PINTAR DI HARI LIBUR

4. Atur budget dengan sederhana

Ada banyak cara mengatur keuangan. Jika mampu, Anda bisa meminta bantuan konsultan keuangan profesional yang akan mengajarkan Anda cara menata keuangan. Atau Anda bisa mengunakan software keuangan keluarga untuk mencatat pengeluaran, pemasukan sekaligus mengatur budget Anda. Kalau masih pusing juga, pisahkan uang yang Anda miliki ke dalam amplop untuk setiap kebutuhan. Pastikan pengeluaran Anda tidak melebihi dari budget yang ada di amplop. Di akhir bulan, hitung kelebihannya dan tabung. Itu akan membantu Anda saat membutuhkan uang tiba-tiba kedepan.

Sumber: monkhouselaw.com

5. Jadikan tabungan sebagai pengeluaran pertama

Menabung tidak harus besar. Yang paling penting adalah teratur dan komitmen. Dari pendapatan Anda, tetapkan nilai uang yang Anda harus tabung segera setelah gajian, serta jangan lupa menabungnya dalam rekening yang terpisah.

 

6. Sepakat antara suami dan istri

Bicara mengenai perencanaan keuangan keluarga, hal ini nggak lepas dari peran suami dan istri yang menjalankan rumah tangga. Untuk itu Anda perlu sepakat dengan pasanganmu bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

Setiap pasangan tentu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang bebeda yang harus diprioritaskan. Untuk itu, duduklah bersama, bicarakan secara terbuka, dan buat kesepakatan dengan pasangan Anda. Jangan lupa juga. Dalam mengelola keuangan, kita harus menyisihkan dari awal persembahan kita kepada Tuhan sebagai bentuk rasa syukur kita. Kiranya Tuhan selalu memberikan berkat-Nya yang berlimpah-limpah kepada kita semua.

Sumber: jawaban.com

KLIK DI BAWAH UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK