ARTICLE

Sat - Jun 11, 2022 / 2103 / Parenting

6 Poin Penting Menjadi Orang Tua yang Baik Lewat Mencintai dan Mengasihi Anak (Part 2)

Memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak ternyata tidak semudah kelihatannya ya. Sebelum artikel ini, sudah 3 poin yang Anda pelajari agar anak merasa diterima dan disayangi sebagaimana mereka ada. Dan sekarang adalah poin-poin yang tidak kalah penting dari sebelumnya. Berikut cara mengasihi dan memberikan kasih sayang kepada anak:

Sebelumnya...

4. Dengarkan anak.

Sumber: suntparinte.md

Komunikasi merupakan unsur penting hubungan Anda dengan anak. Anda tidak bisa hanya memberikan aturan kepada mereka sedangkan Anda sendiri tidak mau mendengarkan masalah mereka. Ciptakan atmosfir atau keadaan dimana anak dapat datang kepada Anda untuk menceritakan masalah mereka.

- Berikan waktu untuk saling mengobrol dengan anak setiap hari. Bisa saat sebelum tidur, sarapan, atau pulang sekolah. Tapi ingat ya, jangan terdistraksi dengan smartphone Anda.

- Jika anak mengatakan sesuatu kepada Anda, pastikan Anda menanggapinya dengan serius. Dengarkan secara seksama.

- Jangan remehkan pengetahuan anak Anda. Mereka terkadang bisa merasakan sesuatu yang salah atau benar. Luangkan waktu untuk mendengar dari perspektif mereka.

 

5. Buat waktu spesial bersama anak.

Sumber: Gulf News

Ada perbedaan besar antara memproteksi atau menjaga anak dan memenjarakan mereka dalam tuntutan kita yang terlalu keras. Anda ingin agar waktu bersama anak menjadi hal yang sakral, tanpa membuat anak merasa terpaksa menghabiskan waktu bersama Anda.

- Habiskan waktu bersama anak secara pribadi. Usahakan untuk membagi waktu dengan adil jika Anda memiliki anak lebih dari 1.

- Dengarkan dan hargai anak Anda serta apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka. Ingat, Anda itu orang tua, dan anak membutuhkan batasan. Anak yang dibiarkan orang tua melakukan apapun sesuka hati mereka, saat dewasa akan berjuang untuk mematuhi aturan-aturan masyarakat. Jika Anda ingin mengatakan tidak, sebaiknya siapkan alas an logis yang bisa diterima oleh anak.

- Luangkan waktu sehari penuh bersama anak ke tempat-tempat favorit mereka.

 

6. Berada disana menjadi tonggak.

Sumber: ASHA Leader

Anda mungkin punya kesibukan, tapi Anda harus melakukan apa saja untuk momen-momen terbaik anak. Kalau tidak, Anda bisa sangat mengecewakannya.  Ingatlah bahwa anak tumbuh dengan cepat dan mereka akan mandiri sebelum Anda menyadarinya.   (CC)

Sumber: wikihow.com

Baca juga:

KEREN! ANDA BISA BERLIBUR SAMBIL MELAKUKAN WISATA ROHANI KE TEMPAT-TEMPAT BERIKUT

10 TIPS MEMULAI RENUNGAN KELUARGA YANG PERTAMA BERSAMA ANAK-ANAK SUPER PARENTS

JADIKAN KELAS LEBIH MENYENANGKAN DENGAN PERMAINAN TENTANG AMARAH

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK