ARTICLE

Thu - Aug 09, 2018 / 883 / Parenting

5 Tips Mudah Menciptakan Suasana Asyik untuk Belajar Firman Tuhan di Rumah

Belajar itu harus holistic lho. Apalagi untuk anak. Sedari dini sebaiknya orang tua ataupun guru membantu anak untuk belajar mengembangkan IQ, SQ, dan EQ mereka. Anak yang memiliki keseimbangan kecerdasan tersebut, biasanya lebih sukses kedepannya. Lalu gimana ya caranya menciptakan ruang belajar kerohanian di rumah?

Pernah nggak sih kakak guru sekolah Minggu menanyakan kepada anak-anak sekolah Minggu, tentang pelajaran minggu lalu? Bingung ya rasanya kalau anak-anak tidak ingat apa yang mereka pelajari, karena setelah dari sekolah Minggu, dirumah tidak dibahas lagi dirumah bersama orang tuanya. Alhasil firman Tuhan tidak secara efektif bisa diterapkan oleh anak.

Baca juga: HINDARI 4 PERKATAAN YANG SALAH INI SAAT BERBICARA KEPADA ANAK!

Daripada bingung, yuk SuperParents kita bantu anak dalam pertumbuhan kerohanian mereka. Saat anak belajar dirumah, mereka tidak hanya akan paham, tapi juga terus diingatkan agar mereka bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian. Kali ini Superbook mau memberikan tips agar anak tertarik dan senang dalam belajar hal spiritual:

1. Sediakan ruangan atau tempat doa

Buat tempat khusus di rumah untuk berdoa dan beribadah. Bisa di kamar atau di ruang tamu (untuk renungan / saat teduh bersama keluarga). Dengan memilih tempat yang nyaman ini, anak juga akan lebih khusyuk dalam berdoa dan menyembah Tuhan lho. SuperParents juga bisa bersaat teduh bersama anak sambil menyimak dan memberikan solusi pergumulan yang dihadapi anak.

 

Sumber: Embracing a Simpler Life

2. Bersama lebih baik

Belajar bersama lebih baik daripada belajar sendiri. Inilah waktu orang tua untuk memiliki quality time bersama anak sambil menanamkan pondasi iman anak. Mereka masih membutuhkan bimbingan dalam menjawab berbagai pertanyaan keagamaan yang kadang sulit dijelaskan secara logika. Apalagi kalau anak SuperParents bersekolah di sekolah negeri.

 

3. Metode Ser-San (Serius tapi santai)

Nggak selamanya belajar agama itu harus serius-serius amat sampai kaku. Sekolah Minggu Superbook saja mengajarkan anak tentang firman Tuhan lewat film dan berbagai permainan menarik, tentunya semua itu sesuai dengan isi Alkitab. Jadi kenapa nggak kalau SuperParents menanamkan firman Tuhan lewat kegiatan yang mengasyikan untuk anak.

 

4. Bisa juga sambil ngemil

Kata siapa belajar agama tidak boleh melakukan apapun kecuali bernyanyi dan membaca Alkitab? Tuhan Yesus sendiri seringkali menanamkan firman-Nya ketika ia, kedua belas rasul, dan pengikutnya makan lho. (Markus 2: 13-17, Matius 9: 9-13, Lukas 22: 7-26, Yohanes 13: 1-30 dan masih banyak lagi). Tapi ya janagn makan saat ibadah di gereja juga sih.

 Baca juga: CARA MENJELASKAN BUNUH DIRI YANG MENIMPA ORANG TERDEKAT KEPADA ANAK YANG DITINGGALKAN

5. Pastikan ruangannya bersih dan rapih

Tempat belajar yang bersih dan rapi biasanya lebih disukai untuk memudahkan proses belajar. Siapkan  buku dan alat tulis yang kamu perlukan sebelum memulai belajar agar waktu belajarmu lebih efektif.

Itulah 5 tips praktis yang bisa SuperParents lakukan dirumah. Kalau SuperParents punya tips lainnya, boleh lho di-share di kolom komentar! (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK