ARTICLE

Wed - Apr 04, 2018 / 2874 /

5 Hal Mendasar yang Dibutuhkan Oleh Setiap Anak dari Ibunya

Semua makhluk hidup mempunyai kebutuhan. Seperti juga anak, mereka membutuhkan banyak hal dari orang tuanya agar mereka bisa bertahan hidup dan berkembang. Namun apa saja sih sebenarnya kebutuhan yang diperlukan anak?

Menurut Drs. Henry Cloud dan John Townsend, ada 5 hal mendasar yang setiap anak butuhkan dari ibunya.

 

1. Keamanan 

Sumber: Umbrella Realty

Sewaktu masih kecil, dunia ini sepertinya begitu berbahaya menurut kita. Kita merasa sendirian. Anda bisa melihat kebutuhan pada bayi untuk digendong dan dipeluk, dengan kata lain membutuhkan kasih sayang dari orang tua. Atas dasar inilah ibu mempunyai tugas mendasar untuk mengasuh anak.

Tanpa adanya pengasuhan, seorang anak bisa menjadi mudah panik, cemas, tidak dapat mengasihi orang lain, dan punya kemampuan untuk belajar. Konsistensi seorang ibu, kepedulian, kelembutan dan pemahaman akan kepedulian akan memberikan anak tempat yang aman, sedangkan ibu menjadi pribadi yang mampu mengubah dunia yang penuh bahaya ini menjadi tempat yang aman. 

 

2. Pengasuhan 

Sumber: mummysaver.com

Pemeliharaan seorang ibu adalah bahan bakar bagi jiwa anak. Ibu yang baik mencurahkan perhatian pada jiwa anak-anaknya. Jiwa kita akan diwarnai ketika kita diasuh dan diberi perhatian. Kita bertumbuh, berkembang dan mampu berubah. Tanpa pengasuhan kita akan menjadi 'layu'. Sindrom 'kegagalan untuk berkembang' dan masalah pada anak-anak secara langsung berhubungan pada kurangnya pengasuhan.

 

3. Kepercayaan Mendasar

Sumber: basictrustchildcare.com

Kita mulanya harus mengalami banyak kejadian dimana kita dipercaya sebelum kita benar-benar dapat mempercayai orang lain. Kita tidak lahir dengan kepercayaan, kepercayaan itu dipelajari. Kepercayaan memampukan kita untuk bisa menjangkau, untuk bisa mengandalkan, dan untuk melihat orang lain sebagai sumber dari hal yang baik.

Dengan seorang ibu yang baik, kita menginvestasikan hati kita dan diri kita dan menemukan hasil yang baik, yang bisa membuat kita kembali dan kembali menginvestasikan dalam bentuk hubungan. Seorang ibu yang layak dipercaya membangun kepercayaan itu dalam diri kita. 

 

4. Memiliki dan Menerima

Sumber: melodijolola.com

Memiliki dan mencintai adalah akar dari sifat manusia. Alkitab mengatakan pada kita untuk menjadi seorang 'berakar dan berdasarkan diri pada kasih'. Jika kita berakar pada Tuhan dan sesama, kita akan dimiliki; kita merasa dipelihara, aman dan bebas dari adanya isolasi.

Seorang ibu, melalui kasih dan kepedulian mereka membuat kita merasa dibutuhkan. Selanjutnya, ini akan ditransfer menjadi perasaan layak dan keyakinan dalam suatu hubungan. Kegagalan seseorang untuk mengasihi dan bisa menerima orang lain, adalah buah dari kegagalan orang tersebut mendapatkan pengasuhan yang baik dari ibu mereka.

 

5. Seseorang Untuk Mencintai 

Sumber: infinety.hu

Perkembangan emosional datang tidak hanya dari investasi seorang ibu dalam diri anaknya namun juga dari investasi si anak pada ibunya. Seorang ibu adalah obyek cinta yang baik. Kita tidak hanya perlu untuk dikasihi namun juga mengasihi. Kasih mengisi diri kita, dan mewarnai penampilan luar kita terhadap orang lain dan pada dunia dimana kita tinggal. 

Kita punya kebutuhan dasar untuk mengasihi orang lain, dan itu perlu orang untuk dikasihi. Jika kita sendiri nyaman dengan ibu kita, berarti kita telah mengasihi ibu kita. Tinggal bagaimana kita bisa menjadi ibu yang mencintai anaknya dan layak untuk dicintai.

Sumber: jawaban.com

Baca juga:

5 CARA MENGAJARKAN ANAK UNTUK MEMBERI, KARENA LEBIH BAHAGIA MEMBERI DARIPADA MENERIMA

HADAPI ANAK YANG MENYEBALKAN DENGAN 5 CARA INI

UNTUK IBU MUDA DAN YANG AKAN MENJADI IBU, 5 HAL INI BISA MENJADIKANMU IBU SUKSES!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK