ARTICLE

Wed - Sep 26, 2018 / 1637 / Parenting

5 Hacks yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Mengurus Bayi Pertamamu

Masa-masa mengasuh buah hati pertama pasti menyenangkan dan bikin deg-degan. Karena minim pengalaman, beberapa hal bisa bikin bingung harus diatasi dengan cara apa. Kamu pasti ngerasa capek, kurang tidur, dan banyak hal yang benar-benar berubah yang bikin pusing.

Bagi para orangtua muda, ga menutup kemungkinan loh kamu bisa melatih diri jadi Super Parents. Simak 5 tips berikut ini yang bisa membantu kamu menjalani bulan-bulan pertama bersama buah hatimu.

1. Minyak kelapa atau minyak almond memudahkanmu membersihkan pup pertama bayi (meconium-kotoran pertama bayi yang berwarna hitam pekat)

Sumber: Alodokter

Gunakan minyak kelapa atau minyak almond untuk membersihkan area pantat bayi. Tuang minyak kelapa atau almond ke selembar kapas dan usapkan perlahan area yang dibersihkan dari arah depan ke belakang. Lakukan berulang kali hingga bersih dengan kapas yang berbeda. Minyak jugabermanfaat melembapkan sehingga mencegah terjadinya iritasi. Tapi pastikan agar minyaknya tidak sampai kena area genital bayi.

2. Tempatkan popok baru di bawah yang lama saat mengganti popoknya

Sumber: Indonesia Raya

Di bulan-bulan awal, bayi akan sering pipis dan pup. Belum sempat ganti popok, eh dia udah pipis lagi. Atasi dengan menyediakan popok baru di bawah popok lama supaya pipis atau pup susulan nggak mbeleber kemana-mana.

3. Pijat ILU dan gerakan sepeda dapat mengatasi perut kembung dan sembelit bayi

Sumber: Mother and Baby Indonesia

Bayi rewel bisa jadi karena perutnya bergas atau lagi sembelit. Cobalah pijatan ILU dan olahraga kayuh sepeda secara lembut dan perlahan yang bermanfaat membantu bayi lebih nyaman dan mempercepat proses BAB atau kentutnya. Googling cara pijatannya ya!

4. Tidurlah saat bayi tertidur

Sumber: She Knows

Ini penting untuk kesehatan dan kenyamanan Super Moms juga. Hindari deh tergoda menggunakan gadget, beres-beres rumah, nonton atau baca buku. Kalau kamu sehat, kan bisa lebih maksimal merawat si bayi.

5. Saat bayi menangis dan rewel, kamu bisa menenangkannya dengan menggendongnya dan membawanya ke luar rumah

Sumber: 123rf

Silahkan dicoba. Membawa bayi jalan-jalan keluar rumah saat dia sedang rewel bisa membantunya lebih rileks dan tenang.

Gampang-gampang susah ya? Tapi bisa dicoba loh sebagai pedoman awal belajar jadi Super Parents. Selamat menikmati masa-masa indah ya!

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK