ARTICLE

Wed - Aug 15, 2018 / 3851 / Parenting

5 Cara Ampuh untuk Mengenalkan Tuhan Sedari Dini Kepada Anak, Coba yuk!

Lebih baik memperkenalkan Tuhan sedari dini kepada anak, apalagi kalau SuperParents ingin anak memiliki kebiasaan yang baik. Saat anak sudah mengenal Tuhan, mereka akan terbiasa berdoa dan rajin beribadah ke gereja. Ketika si anak bertemu dengan Tuhan, mereka juga akan lebih mengerti akan tujuan hidupnya.

Mereka akan terasah kepekaan sosialnya dan mampu menjadi garam serta terang bagi sekitarnya. Tapi ya tentu saja anak nggak akan bisa mengenal Tuhan dengan sendirinya donk. Mereka membutuhkan orang tua yang mampu mengarahkan dan memperkenalkan mereka. Caranya nggak sulit:

Baca juga: BACALAH 5 AYAT ALKITAB INI KETIKA KAMU SEDIH DAN KECEWA DENGAN ANAK-ANAK

1. Belikan Alkitab untuk anak

Tidak perlu langsung memberikan Alkitab untuk orang dewasa. Anak-anak suka dengan gambar dan huruf-huruf yang besar. Cobalah beli Alkitab yang memang dirancang untuk anak-anak atau balita. Dari Alkitab itu, SuperParents bisa memulainya lewat kisah penciptaan, bahtera Nuh, kelahiran Tuhan Yesus, dan kisah-kisah yang mereka suka. Lewat cerita-cerita itu, anak akan semakin mengenal Tuhan.

Sumber: Completely Kids Richmond

2. Bermain peran

Agar belajar firman Tuhannya semakin menyenangkan, SuperParents bisa melakukan drama kisah Alkitab bersama lho. SuperParents bisa memperkenalkan satu per satu tokoh Alkitab tersebut dan bermain seakan-akan Andalah si tokoh tersebut. Cara ini bisa membantu anak memahami cerita dan karakter si tokoh Alkitab tersebut.

 

3. Menyanyi dan menari

Anak-anak suka dengan menyanyi dan menari. Inilah mengapa banyak lagu sekolah Minggu yang punya nada dan lirik yang mudah dihafal. Tentu saja, anak-anak suka sekali bergerak secara ritmis sesuai lagu. Coba Anda sendiri masih ingat kan sampai sekarang lagu sekolah Minggu yang dinyanyikan dulu sewaktu kecil?

 

Sumber: Jellytelly2

4. Berdoa bersama

Berdoa adalah kebiasaan yang perlu SuperParents ajarkan kepada anak semenjak dini. Hal ini sangat penting karena bisa menyadarkan mereka betapa pentingnya berkomunikasi dengan Tuhan.

Tuhan itu selalu mendengar dan melindungi mereka saat ketakutan. Berdoa nggak hanya meminta Tuhan tentang hal-hal yang baik, tapi juga mengucap syukur atas berkat-Nya. Mulailah melatih anak untuk berdoa di pagi hari, sebelum makan, dan malam sebelum tidur setiap harinya.

 

5. Berbicara tentang Tuhan

Sekarang, ketika SuperParents memperkenalkan Tuhan kepada anak, Anda harus fokus untuk mempertahankan minat itu. Bicarakan Tuhan dimanapun, kapanpun yang Anda bisa. Tapi hati-hati ya, jangan sampai terkesan memaksakannya. Anda bisa mengatakan, “Lihat, bagus banget ya bunganya. Ini semua Tuhan yang ciptakan, kita harus mengucap syukur karenanya.” Anda juga bisa merelasikan kejadian sehari-hari dengan cara yang halus. Melalui cara ini, anak akan mengingat Tuhan yang menciptakan segalanya dan mengucap syukur pada-Nya.

Baca juga: 5 TIPS MUDAH MENCIPTAKAN SUASANA ASYIK UNTUK BELAJAR FIRMAN TUHAN DI RUMAH

Nah kalau Anda sudah berhasil, Anda juga bisa lho membantu anak-anak lainnya di seluruh Indonesia bahkan di daerah terpencil untuk mendapatkan pendidikan Alkitabiah yang terbaik. Caranya mudah. Anda bisa membantu sekolah Minggu di tempat mereka mendapatkan materi terbaik untuk mengajarkan firman Tuhan dengan cara yang relevan dan kontekstual dengan zaman lewat Superbook. Dengan menjadi sponsor, Anda sudah memastikan 1 gereja mendapatkan materi, guru-guru sekolah Minggunya dibekali, dan anak-anak yang bertumbuh sesuai dengan firman Tuhan. Tertarik? Yuk, langsung klik disini.(CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK