ARTICLE

Tue - Nov 07, 2023 / 138 / Parenting

5 CARA SEDERHANA AGAR ANAK TIDAK KECANDUAN GADGET

Kecanduan gadget pada anak menjadi masalah umum, meskipun gadget bisa membantu orang tua dalam mengasuh anak. Penggunaan berlebihan dapat mengganggu tidur dan kualitas hidup anak. Damar Wiajayanti, Co-Founder Good Enough Parents, memberikan tips mengatasi kecanduan gadget pada anak. Solusi penting untuk orang tua yang menghadapi masalah ini.

1. Temukan aktivitas sesuai minat

Ajak anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Misalnya, jika anak tertarik pada ikan dan air, sediakan mainan ikan berwarna-warni untuk dimainkan dalam wadah berisi air. Anak akan merasa nyaman dan senang bermain. Orang tua perlu memperhatikan minat anak, seperti bermain warna, mobil, atau air, dan mendukungnya. Aktivitas sesuai minat ini akan membuat anak melupakan gadgetnya.

2. Usahakan menonton video di gadget secara offline

Agar anak lebih terkendali dalam menggunakan gadget, batasi aksesnya dengan memberikan video offline. Hal ini dapat membatasi anak untuk menonton video tanpayang telah diatur offline saja.

3. Beri batasan waktu

Orang tua harus memberi batasan waktu dan jadwal yang konsisten untuk anak bermain gadget, seperti setelah makan siang selama setengah jam atau setelah mandi sore. Ini membantu anak memahami aturan dan mengerti bahwa ada waktunya bermain gadget.

4. Bijak menggunakan gadget

Orang tua yang WFH sering terlihat bermain hp, meskipun sebenarnya sedang bekerja. Anak mudah meniru. Bisa dijelaskan bahwa bukan bermain, tapi bekerja.

5. Orang tua harus percaya diri terhadap aturan

Orang tua sering bingung tentang peraturan main gadget anak. Menurut WHO, anak di bawah 2 tahun sebaiknya tidak menggunakan gadget, dan di bawah 5 tahun sebaiknya tidak lebih dari satu jam sehari. Kecanduan gadget terjadi ketika aturan kurang ketat. Introduksi teknologi oke, selama ada aturan yang diterapkan.

Kelima poin di atas dapat dilakukan untuk mencegah anak-anak kecanduan gadget. Jika Superparents terberkati dengan artikel ini, yuk share dan dukung kami dengan klik di bawah ini.

SAYA DUKUNG

Sumber: Good Enough Parents

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK