ARTICLE

Thu - Jun 22, 2023 / 1114 / Sunday School

4 Tips Ajak Anak Sekolah Minggu Semangat Memuji Tuhan Meski GSM Tak Punya Bakat Bermusik

Melihat anak-anak riang gembira menyanyikan pujian sembari menirukan gerakan pasti bikin ibadah Sekolah Minggu makin menyenangkan. Karena itu, musik jadi salah hal penting yang perlu dimasukkan dalam daftar ibadah Sekolah Minggu.

Tapi bagaimana jika kakak Guru Sekolah Minggu (GSM) malah bukan seorang yang fasih dalam musik atau bernyanyi? Apa yang harus dilakukan supaya anak-anak tetap bersukacita memulai ibadah?

Jangan kuatir! Superbook Indonesia menyajikan tips praktis buat kakak GSM supaya tetap bisa memimpin anak memuji Tuhan. Yuk simak di bawah ini.

1. Nyanyikan Lagu-lagu yang mudah

Menyanyikan lagu-lagu yang familiar dan mudah bisa membantu kakak-kakak dalam memimpin pujian. Pilihlah lagu-lagu yang sudah akrab didengar oleh anak supaya kakak GSM tak perlu menghabiskan waktu untuk mengajari mereka.

 

Baca Juga: ANAK SUSAH FOKUS WAKTU DIAJAK BERNYANYI DI SEKOLAH MINGGU?? INI RAHASIANYA!

 

2. Minta bantuan dari guru atau anak lain

Tips kedua untuk tetap bisa mengajak anak bernyanyi bersama adalah dengan meminta bantuan dari sesama guru lain yang fasih bernyanyi atau bermusik. Atau jika mereka tak bersedia, kakak-kakak bisa mengakalinya dengan memilih salah satu anak Sekolah Minggu yang fasih bernyanyi untuk memimpin pujian. Dijamin anak pasti lebih semangat mendengar temannya memimpin dalam pujian!

 

3. Pasang musik dari video atau playlist

Tentu saja cara ini sudah familiar bukan? Ya, ini adalah cara yang paling mudah yang bisa diterapkan kalau kakak-kakak memang tak punya bakat untuk memimpin pujian. Tapi pastikan untuk memilih lagu yang tepat ya.

 

Baca Juga: MANFAAT POSITIF DARI KEBIASAAN BERNYANYI

 

4. Ajak anak bernyanyi dengan gerakan

Apakah kendala kakak-kakak adalah tidak bisa memainkan instrumen musik? Kendala ini bisa kakak atasi dengan melakukan cara lain untuk memimpin pujian. Misalnya, bernyanyi acapella sembari diiringi dengan gerakan. Misalnya gerakan berjalan, berbaris, memutar, tepuk tangan, melompat atau bergoyang. Jadi carilah lagu dimana anak-anak bisa mengikutinya dengan baik.

Walaupun secara bakat kakak-kakak memang terbatas, tapi kalau kakak-kakak benar-benar bernyanyi dari hati terdalam untuk memuji Tuhan, percayalah anak-anak akan merasakannya. Jadi tetap semangat dan semoga tips ini bisa membantu ya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK