ARTICLE

Fri - Mar 25, 2022 / 559 / Sunday School

3 Tips yang Guru Sekolah Minggu Bisa Praktikkan Untuk Mengajarkan Anak Bersyukur

Di masa Pra Paskah ini, ada baiknya kita mengajarkan anak untuk bersyukur atas apapun yang Tuhan sediakan atau berikan untuk mereka. Mulai dari kesehatan, penyertaan-Nya saat ujian, rejeki untuk papa mamanya, dan masih banyak lagi. Dengan belajar bersyukur, anak bisa belajar juga untuk berterima kasih kepada orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

Ajarkan arti bersyukur

Bersyukur adalah tindakan menunjukkan penghargaan atas sesuatu yang dilakukan atau diterima. Ajaran tentang bersyukur ada di Alkitab mulai dari Perjanjian Lama sampai Baru. Bersyukur melebihi ucapan ‘terima kasih’. Ibarat tembok, kata terima kasih hanyalah cat luar yang membuat dinding menjadi indah. Di dalamnya ada lapisan sikap positif, kegembiraan, dan kepuasan.

Memang, anak-anak tidak akan bersyukur dalam semalam. Kita harus tidak jemu dan semangat dalam mendidiknya agar mereka terbiasa bersyukur. Tentunya ini harus dibarengi dengan kita menjadi teladan. Kita bisa melihat juga kok, apakah mereka sudah siap belajar bersyukur.

 

Ciri-ciri anak yang siap belajar bersyukur

  • Mereka berempati terhadap orang yang membutuhkan atau kesusahan
  • Mereka membagikan barang-barang yang mereka miliki dengan mudah
  • Mereka puas dengan apa yang sudah mereka miliki
  • Mereka mengatakan 'Terima kasih' tanpa ditekan
  • Mereka menjaga apa yang mereka miliki
  • Mereka menawarkan bantuan tanpa diminta

 

Tidak perlu kok semuanya anak miliki. Tapi kita bisa mulai melatihnya dengan cara :

1. Jelaskan kepada Mereka Apa Sebenarnya Syukur Itu

Apakah Anda sudah mengajarkan kepada anak untuk WAJIB mengatakan lima kata ajaib? Terima kasih, maaf, tolong, permisi, dan sama-sama. Lima kata ini penting untuk hidup mereka, karena bisa mendidik anak untuk punya sopan santun dan kepribadian yang baik. Cobalah mulai memicu rasa syukur anak dengan memberikannya pertanyaan :

 

2. Buat toples syukur

Mazmur 103:2 - Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

Ada toples atau wadah di rumah yang tidak terpakai? Nah, anak bisa memanfaatkannya untuk jadi toples syukur. Anak bisa menuliskan rasa syukurnya di kertas lalu dimasukkan ke dalam toples syukur ini. Tugas kita adalah menyemangatinya agar anak terbiasa menuliskan rasa syukurnya, dan mendoakan rasa syukur itu bersama.

 

3. Jadilah teladan bersyukur dan lakukan kebaikan untuk orang lain.

Cara termudah untuk mengajarkan anak bersyukur adalah dengan menunjukkannya. Mereka akan melihat dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda bisa mengajaknya juga untuk berbagi kebaikan sebagai ungkapan syukur anak kepada Tuhan. Misalnya seperti yang ada pada kisah kesaksian anak Rela Membagi Barang Kesayangannya untuk Orang Lain Setelah Belajar Ini.

Anda bisa mengajaknya mengumpulkan barang anak yang sudah tidak terpakai lalu menyumbangkannya ke panti asuhan, berbagi kebahagiaan di panti jompo, dan masih banyak lagi.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK