ARTICLE

Tue - Oct 06, 2020 / 226 / Parenting

3 Langkah Mudah Membuat Anak Menjadi Percaya Diri

Nggak sedikit anak di Indonesia yang masih memiliki masalah kepercayaan diri yang rendah. Mereka cenderung tidak berani tampil di depan, malu berpendapat, bahkan menarik diri dari pergaulan. Terus apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua dan guru sekolah minggu agar mereka berani dan bisa memiliki kepercayaan diri?

Tahukah kamu kalau ternyata tingkat kepercayaan diri anak dalam berbicara bisa mempengaruhi  mereka di masa depannya? Mereka bisa saja sukses kalau berani dan mampu berkomunikasi dengan baik. Tapi sayangnya, jika karakter itu tidak terpupuk dari sejak kecil, masa depan mereka jadi biasa saja. Jadi jangan menyerah sekarang. Masih ada kesempatan kok. Karena di masa seperti ini, kemampuan anak dalam beradaptasi harus cepat, apalagi masalah kepercayaan diri.

Kepercayaan diri anak bisa kita lihat saat mereka melakukan presentasi di kelas, memimpin pembahasan, melakukan kata sambutan, dan menjawab pertanyaan wawancara. Ini cara yang bisa membuat anak menjadi percaya diri:

Baca juga : TANTANGAN KOMUNIKASI YANG SERINGKALI DIALAMI GURU SEKOLAH MINGGU DAN ORANG TUA

  1. Berikan mereka tantangan dengan tujuan yang mudah

Kenapa tujuan atau goalnya harus mudah? Karena jika anak bisa menyelesaikannya, ia akan terpacu dengan tantangan-tantangan berikutnya yang semakin sulit. Mereka akan menyelesaikan semua tantangan bertahap sesuai kemampuannya. Dengan cara ini, kepercayaan diri anak terbentuk secara tidak mereka sadari.

Contohnya : membuat kreativitas lego, mengendarai sepeda, atau membantu orang tua di rumah.

 

  1. Melihat kesalahan sebagai kesempatan

Apa salahnya anak melakukan kesalahan? Justru dari hal itu mereka belajar untuk berusaha tidak mengulanginya lagi. Ketika anak melakukan kesalahan, kita bisa mengatakan kepada mereka,”Pencapaian yang bagus nak. Kamu tahu nggak kenapa kesalahan itu terjadi dan bagaimana cara untuk tidak mengulanginya? “ Kemudian beritahukan cara penyelesaiannya kepada anak. Sebisa mungkin biarkan anak melihat dunia yang sesungguhnya. Biarkan mereka bisa berinteraksi untuk menyelesaikan masalah yang ada.

 Baca juga : 5 KARAKTER GENERASI Z DAN ALPHA YANG PERLU KITA KETAHUI

  1. Lakukan pendekatan dengan orang lain secara tatap muka

Di masa digital ini, anak bisa dengan mudah berkomunikasi via smartphone. Namun hal itu tidak bisa melatih mereka untuk percaya diri. Mereka harus belajar bergaul dengan orang lain dan tidak bisa menghindar dari kehidupan sosialnya.

Menyadari hal ini, CBN Indonesia menyadari kebutuhan generasi muda agar bisa berkomunikasi secara percaya diri demi menunjang masa depan mereka. Untuk itulah Webinar Kembangkan Potensimu ini dibuat, agar anak-anak memiliki skill yang memampukan mereka bersaing di dunia yang semakin dinamis ini. Mereka akan belajar ilmu public speaking yang mendukung rasa percaya diri mereka. Ditambah dengan video dan music production dimana mereka bisa mengembangkan rasa percaya dirinya menjadi sebuah karya yang bisa ditampilkan di media sosial atau internet.

Ayo segera daftarkan anak Anda ke link di bawah ini

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK