ARTICLE

Fri - Nov 03, 2023 / 294 / Parenting

3 Kata Ajaib: Nggak Penting?

Sedari kecil anak memang harus diajarkan hal-hal positif salah satunya seperti sopan santun dan tata krama yang harus dipupuk, namun rupanya orangtua pun juga harus menerapkan sopan santun yang baik agar anak dapat mencontoh dari kebiasaan di dalam rumah. Ada 3 kata yang wajib kita terapkan dirumah dan diajarkan ke anak, karena jika tidak akan mempengaruhi pembentukan karakter dan kepribadian anak loh hingga dewasa!

 

Baca juga : ALASAN KENAPA AYAH HARUS MEMELIHARA KEDEKATAN DENGAN ANAK DEMI MASA DEPAN

3 kata ajaib tersebut adalah kata maaf, tolong, dan terimakasih. Kenapa 3 kata ini penting untuk orangtua terapkan dalam keseharian? Karena disaat ini banyak orang yang menyepelekan dan tidak mementingkan tata krama, hal ini membuat orang menjadi semena-mena. Dalam masyarakat 3 kata tersebut termasuk etika dalam berkomunikasi dan ini juga mengajarkan anak untuk menjadi lebih peka dengan sekitarnya.

  1. Maaf : Saat ini kata “maaf” sulit untuk diucapkan karena ego atau gengsi ketika melakukan kesalahan dan enggan untuk disalahkan. Jika SuperParents terapkan dirumah untuk selalu berkata “maaf” jika melakukan suatu kesalahan, hal ini akan mengajarkan ke anak untuk mengakui atau mempertanggungjawabkannya kesalahannya juga menghargai orang lain.

  2. Tolong : Orang sering lupa ketika meminta bantuan untuk mengucapkan kata “tolong” sehingga terkesan untuk menyuruh. Hal ini penting untuk diajarkan kepada anak jika membutuhkan bantuan harus berkata “tolong” supaya orang yang membantu merasa dihargai.

  3. Terimakasih : Kata terimakasih seringkali juga dilupakan karena terlena dengan pemberian ataupun malah merasa berat hati untuk mengucapkan kata “terimakasih”, padahal dengan mengucapkan kata “terimakasih” adalah bentuk apresiasi paling sederhana untuk orang bersangkutan. Anak yang diajarkan untuk berterimakasih membuatnya lebih menghargai dan mensyukuri pemberian orang.

Mari SuperParents terapkan 3 kata ajaib ini dirumah dan jadilah contoh untuk anak agar nantinya anak mudah bergaul dan memiliki pribadi yang baik serta bertata krama.

 

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK