ARTICLE

Tue - Sep 12, 2023 / 799 / Sunday School

3 Alasan Kenapa Kaum Pria Terlibat Jadi Guru Sekolah Minggu

Selain peranan orang tua, guru sekolah minggu juga begitu menentukan pembentukan iman seorang anak. Karena itulah, gereja perlu memprioritaskan pelayanan anak dengan menyediakan sekolah minggu. Hal ini mendukung ungkapan dari seorang teolog Kristen bernama Johanes Calvin bahwa gereja ibarat seperti “seorang ibu yang mengasuh anak-anaknya”. Jadi, gereja bertanggung jawab atas kehidupan rohani seorang anak sampai mereka benar-benar mandiri.

Inilah alasan kenapa pelayanan sekolah minggu ada dan bagaimana gereja membutuhkan banyak tenaga pengajar yang memiliki hati untuk melayani anak-anak. Ada banyak orang yang mungkin terpanggil di dalam pelayanan anak, tapi sebagian besar diantaranya adalah mereka dari kaum wanita. Bisa dibilang secara kuantitas, sangat sedikit kaum pria yang terlibat di dalamnya.

Padahal sama seperti peran ayah dan ibu di rumah, guru sekolah minggu pria dan wanita punya kewajiban untuk ambil bagian. Bahkan para kaum pria ini punya kesempatan untuk terlibat dalam pelayanan anak. Kaum pria bisa membantu anak-anak belajar tentang siapa Tuhan dan kenapa mereka harus menerima keselamatan di dalam Kristus. Mereka juga dibutuhkan untuk mengajarkan anak tentang langkah bertumbuh secara rohani seperti bagaimana cara berdoa dan membangun hubungan yang intim dengan Tuhan.

 

Baca Juga: 2 CERITA ALKITAB UNTUK AJARKAN ANAK TENTANG RASA HORMAT

 

Jadi untuk kaum pria yang masih merasa ragu ambil bagian jadi guru sekolah minggu, perlu tahu 3 alasan ini.


1. Jadi Guru Sekolah Minggu Bukan Hal yang Aneh

Sebagian dari kaum pria mungkin berpikir kalau mereka tak pantas jadi guru sekolah minggu. Karena ada pemikiran bahwa seorang laki-laki jadi guru sekolah minggu itu aneh.

Kalau kerinduan mengajar anak ini memang didapatkan dari Tuhan, kenapa harus ragu? Tuhan mau semua orang ambil bagian dalam pelayanan tak peduli apapun itu. Yang penting kita menaruh hati kita sepenuhnya untuk membentuk anak menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Jadi mulailah mengubah pikiran kita bahwa yang layak atau cocok jadi guru sekolah minggu hanyalah kaum wanita.

2. Jadi Guru Sekolah Minggu Bukan Tanggung Jawab yang Terlalu Sulit

Walaupun menertibkan seorang anak memang cukup menguras tenaga. Tapi kalau kita benar-benar punya hati untuk melayani anak, Tuhan akan memampukan kita melakukannya.

Selain itu, melayani anak juga bisa jadi momen untuk kita bisa menjadi diri kita sendiri. Anak-anak memang konyol dan mereka akan lebih sering bermain. Jadi, tak masalah jika sebagai guru sekolah minggu kita bisa sedikit mengeluarkan sisi kekanak-kanakan kita untuk menghibur mereka.

Membangun koneksi dengan anak itu adalah sesuatu yang sebenarnya tak sulit. Kita hanya perlu melakukan sesuatu yang membuat mereka tertawa, mau mengikuti dan mau dibentuk sesuai dengan firman Tuhan dengan cara yang sederhana.

 

Baca Juga: AJARKAN ANAK TENTANG MERDEKA DARI DOSA LEWAT GAMES INI YUK

 

3. Menjadi Guru Sekolah Minggu Itu Penting!

Jika bukan kita atau kamu, lalui siapa lagi?

Tuhan memberikan panggilan spesifik kepada semua orang untuk melakukan kehendak-Nya! Dia bisa memilih kamu untuk ambil bagian di pelayanan anak karena Dia tahu kamu punya segudang potensi untuk mengajar anak.

Terlebih Tuhan juga mau semua orang terlibat melayani bagian terkecil yaitu seorang anak. Karena usia anak menentukan bagaimana dia bertumbuh ke depan. Bahkan di tengah perkembangan teknologi ini, ada banyak sekali tantangan yang generasi anak hadapi. Jadi Tuhan mau lebih banyak pekerja yang menggarap kepentingan Tuhan atas generasi anak.

Jadi apakah kamu salah satu dari pekerja yang terpanggil, seperti disampaikan dalam Matius 22: 14, “Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.” Pelayanan anak terlalu penting untuk diabaikan! Karena Yesus sendiri mmenyampaikan bagaimana hati-Nya bagi anak-anak. “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Matius 19: 14)

Ini adalah waktu yang tepat bagi kaum pria untuk terlibat! Setiap anak membutuhkan peranmu supaya mereka bisa mengenal Tuhan dengan cara yang benar!

Jika kamu salah satu yang terpanggil di pelayanan anak atau sekolah minggu tapi belum tahu harus melayani di mana? Ada banyak gereja mitra yang kami sediakan yang mungkin berada di sekitar tempat tinggalmu saat ini.
Hubungi kami jika kamu membutuhkan bantuan. Kontak di WhatsApp di nomor 0822-1500-2424.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK