ARTICLE

Mon - Jul 16, 2018 / 639 / Parenting

10 Tips dan Trik Mudah Membuat Dunia Anak Menjadi Lebih Bahagia dan Sukses!

Tidak mudah ya SuperParents menjadi teladan bagi anak. Kita jadi harus berhati-hati dalam bersikap. Jangan sampai anak menyontoh hal yang tidak baik dari kita sebagai orang tuanya. Apalagi kalau membuat anak bahagia. Bukan sekedar memberikan mainan atau perhatian saja lho yang mereka perlukan.

Seorang anak pasti melihat bagaimana sih kondisi keluargaku di mataku? Keseharian yang mereka alami bias membentuk karakter mereka ke depannya. Oleh karena itu, sembari membuat mereka bahagia sambil belajar dari kehangatan keluarga dan nilai-nilai positif yang keluarga tanamkan, SuperParents bisa melakukan 10 hal ini:

Baca juga : Kamus Nyentrik Kids Jaman Now

1. Saling memandang dengan tatapan penuh cinta.

Anak akan merasakan kenyamanan dan kehangatan ketika ayah dan ibu memperlihatkan rasa saling bersyukur karena kehadiran satu dengan yang lain. Ia akan tumbuh dewasa, memandang dunia, dan melewati kesulitan-kesulitan hidup dengan pikiran yang positif.

 

2. Saling memberikan perhatian saat makan.

Hayo seberapa sering SuperParents makan bersama dengan anak-anak di meja makan? Nah hal ini penting lho untuk pertumbuhan anak. Karena saat kita saling menuangkan makanan di piring pasangan / anggota keluarga, menikmati makan bersama, dan saling bercerita setelah makan, bisa membuat anak merasa bahwa semua anggota keluarga saling menghargai dan memberikan perhatian. Jadi ingat adegan-adegan film Korea ya ketika makan bersama keluarga.

 

Sumber: Deseret News

3. Berbaikan setelah bertengkar.

Setelah bertengkar secara emosional, ayah dan ibu harus saling menenangkan diri serta berdialog dengan serius untuk penyelesaian masalahnya. Ini akan membantu anak untuk belajar bagaimana mereka harus mengendalikan emosi dan menemukan penyelesaiannya dengan kepala yang dingin. Jangan lupa juga SuperParents, setelah bertengkar untuk bermaafan dan mengakui segala kesalahan yang diperbuat ya.

 

4. Kebiasaan membaca buku.

Kebiasaan ini sepertinya sudah jarang terlihat ya. Anak lebih suka bermain gadget dibandingkan membaca buku. Jadi, ketika SuperParents suka membaca buku, anak akan dengan sendirinya tertarik membaca juga. Kan lewat membaca buku, anak bisa mengembangkan daya penalaran, meingkatkan kesabaran, berkonsentrasi, dan mempelajari berjuta hal.

 

5. Berolah-raga.

Ketika ayah dan ibu menyukai aktivitas fisik dengan asyik, dapat mendorong anak untuk menyukai aktivitas tersebut secara alami. Kalau dilakukan secara teratur, anak bisa tumbuh dengan sehat lho.

 

Sumber: Hungary Today

6. Mengekspresikan dengna berbagai macam cara.

Emosi adalah hal yang abstrak dan sulit dipahami. Karena itu, ekspresikan emosi SuperParents dengan kosakata yang kaya dan dalam berbagai ekspresi. Ini dapat membantu perkembangan kognitif dan emosi si kecil.

 

7. Mencari keindahan.

Keindahan itu dapat dinikmati melaluikehidupan bermasyarakat yang beraneka ragam, pemandangan alam, dan masih banyak lagi. Ajaklah anak untuk menemukan keindahan yang bisa menenangkan hatinya.

Baca juga : Doakanlah 5 Hal Ini Agar Anak Kuat Dalam Menghadapi Kehidupan Sekolah yang Baru

8. Beristirahat dengan baik.

Beraktivitaslah setiap hari dengan menerapkan jam istirahat yang teratur dan cukup. Misalnya ada waktu untuk bermain, menonton TV, kursus, mengerjakan PR, belajar, dan lainnya. Jangan membuat anak terlalu sibuk sehingga jam istirahat mereka berkurang dan tidak teratur karena akan mempengaruhi kesehatan serta stamina anak.

 

Sumber: Mum's Grapevine

9. Menepati janji.

Ketika SuperParents bisa menepati janji, anak akan belajar pentingnya tanggung jawab, jujur, konsistensi, dan tenggang rasa lho.

 

10. Menekankan proses daripada hasil.

Karakter anak terbentuk dari kegagalan dan kesalahan. Dorongan orang rua berupa semangat dan pujian bisa membantu anak untuk tetap optimis serta teguh dalam menghadapi kerasnya dunia. (CC)

 Sumber : Chaisplay

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK