ARTICLE

Tue - Jun 05, 2018 / 943 / Parenting

Cara Kekinian Generasi Milenial Dalam Mengasuh Anak. Apakah Anda Salah Satunya?

Setiap keluarga punya cara untuk mendidik anaknya masing-masing. Ada yang keras, ada juga yang lebih membebaskan anaknya. Uniknya generasi milenial yang lahir di tahun 1981 – 2000 mendapatkan didikan yang keras dari orang tuanya, yaitu generasi baby boomers (lahir diatas tahun 1960). Nah kalau generasi milenial sendiri bagaimana ya cara mendidik anaknya?

Ternyata generasi milenial punya cara sendiri untuk mendidik anak. Mungkin dipengaruhi kerasnya didikan yang diterimanya dulu, mayoritas generasi ini mendidik dengan cara membebaskan anaknya untuk berekspresi. Orang tua zaman sekarang juga punya cara mendekatkan anak dengan cara yang lebih positif, atau yang dikenal dengan positive parenting. Pola asuh ini lebih membantu membangun disiplin anak secara efektif dengan interaksi yang menyenangkan. Caranya:

Baca juga: TIDAK MEMINTA MAAF KEPADA ANAK SAAT MELAKUKAN KESALAHAN, SIAP-SIAP KEHILANGAN HAL INI

1. Memberikan contoh. Orang tua akan menjadi model yang baik dan mengajari dengan teladan. Misalnya, saat bekerja di rumah, orang tua menghindari banyak mengeluh sehingga anak pun bisa mengikuti dengan belajar tanpa banyak mengeluh.

2. Mengenali perkembangan anak. Tentunya, perkembangan anak zaman dulu dan sekarang berbeda. Untuk itulah, orang tua terus belajar melihat dan mengikuti perkembangan zaman tersebut.

3. Meluangkan waktu berkualitas dengan rutin. Orang tua perlu meluangkan waktu untuk bermain dan belajar bersama-sama dengan anak.

Sumber: Think with Google

4. Fokus pada tingkah laku positif, memberi dukungan, dan penghargaan.

5. Memberikan konsekuensi yang logis, disiplin yang konsisten dan jelas, serta bersikap tegas. Misalnya, kalau anak tidak mau belajar, Anda bisa memberikan perumpamaan, seperti berkata, bila kamu tidak belajar sekarang, besok kamu harus terburu-buru belajarnya. Namun, kalau kamu belajar sekarang, kamu pun bisa mengerjakan soal dengan lebih tenang.

6. Tanamkan nilai. Anda perlu memberikan nilai-nilai yang baik untuk anak lakukan. 

7. Lakukan diskusi dan negosiasi dengan anak. Ajak anak untuk belajar mengatur waktunya dan tidak memaksa memberikan les tambahan bila anak tidak suka.

Baca juga: MEMBERIKAN HADIAH KEPADA ANAK KARENA SUDAH MENURUT, BOLEH ATAU TIDAK YA?

8. Ciptakan komunikasi efektif dengan cara lakukan obsevasi, refleksikan pengalaman, empati, dan berikan pilihan, bukan sekedar memerintah.

9. Memberikan ruang kepada anak untuk tumbuh. Salah satu caranya adalah biarkan anak melakukan kesalahan supaya mereka mengerti bagaimana cara memperbaikinya. Hindari mengerjakan tugas anak dan memarahi anak bila mendapatkan nilai jelek di sekolah.

10. Berikan cinta tanpa syarat. Kita perlu memahami kalau anak memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Cintai mereka apa adanya dan bantu kembangkan kekurangan mereka agar tetap percaya diri.

Bagaimana dengan dengan cara mendidik Anda? Yuk kita mulai positive learning ini sedari dini. (CC)

Sumber: womantalk.com

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK