ARTICLE

Mon - Jun 04, 2018 / 1073 / Parenting

Tidak Meminta Maaf Kepada Anak Saat Melakukan Kesalahan, Siap-siap Kehilangan Hal Ini

Wajar jika manusia melakukan kesalahan, apalagi sebagai orang tua. Tapi betapa sulit kalau orang tua yang melakukan kesalahan harus meminta maaf. Alih-alih takut kehilangan wibawa di depan anak, justru berujung hubungan yang berjarak dengan anak, tidak dipercaya, tidak merasa di hargai, mudah merasa tersinggung (sensitif), dan bahkan anak bisa tidak percaya diri lho.

Kesalahan orang tua biasanya dipicu atas ketidakpahaman pada pemikiran atau pemahaman anak, berpikir negatif atas hal yang dilakukan anak, terlalu sibuk dengan pekerjaan, dan memaksakan kehendak pada anak. Jadi disarankan agar orang tua jangan malu-malu untuk mengucapkan maaf kepada sang buah hati jika memang melakukan salah. Tak perlu khawatir, Anda akan kehilangan wibawa, sebaliknya ada dampak positif ketika Anda meminta maaf pada anak bagi perkembangannya, sebagai berikut :

 

Pertama, Jadi Panutan

Sumber: Frazer Consultants

Orang tua adalah sosok panutan juga teladan untuk anak-anaknya. Bahkan umumnya, anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua sendiri, termasuk meminta maaf. Kelak saat ia melakukan kesalahan, sang anak juga tak malu dan berterus terang untuk meminta maaf. Anak akan memahami bahwa meminta maaf bukan karena lemah tetapi menghormati orang lain.

Baca juga: MEMBERIKAN HADIAH KEPADA ANAK KARENA SUDAH MENURUT, BOLEH ATAU TIDAK YA?

Kedua, Belajar Bagaimana Melakukannya

Sumber: Parenting For Brain

Saat melihat orang tua meminta maaf, mengakui kesalahan dengan segala ketulusan. Di usia anak-anak cenderung lebih intuitif daripada orang dewasa dan tanpa sadar mengamati perilaku orang tua mereka.

 

Ketiga, Menambah Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua

Sumber: BetterParenting.com

Dengan menerima kesalahan berarti menunjukkan bahwa orang tua sudah memperlakukan anak mereka seperti seorang teman. Hal tersebut rupanya akan sangat dihargai oleh anak. Tak hanya itu, mereka juga bahkan akan belajar bahwa orang tua bukanlah sosok yang ditakuti dan membuat mereka menjadi tidak nyaman. Dengan demikian, saat sang anak kelak mengalami suatu masalah ia akan tak segan akan langsung bercerita kepada Anda.

Baca juga: HATI-HATI DENGAN DOA!

Karena itu, sangat penting sebagai orang tua, ketika Anda berani mengajarkan anak untuk mengucapkan maaf ketika melakukan kesalahan dengan siapa pun, Anda pun harus memberi contoh yang baik dengan bersikap tidak pernah malu mengucapkan maaf kepada anak.

Sumber : berbagai sumber

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK