ARTICLE

Mon - Jan 22, 2018 / 622 /

Sebaiknya Jangan Lakukan 3 Hal Ini di Depan Anak, Karena Akan Berakibat Berikut

Menjadi teladan adalah tugas orang tua kepada anaknya. Seperti yang tertera pada Titus 2:7, dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu.”

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa anak ternyata juga bisa belajar dari kehidupan pernikahan kita. Di artikel yang ini, justru kebalikannya. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika SuperParents berumah-tangga:

 

1. Berbicara buruk tentang pasangan.

Photo by: siraplimau.com

Salah satu hal terburuk yang biasanya dilakukan oleh suami atau istri adalah membicarakan hal buruk tentang pasangan di depan anak. Tidak hanya mengajarkan anak bahwa tidak apa-apa jika berbicara buruk tentang orang lain, tetapi juga berarti SuperParents belum bisa saling jujur ke pasangan. Sebaiknya berbicaralah langsung kepada pasangan, buka dibelakang mereka.

 

2. Menyepakati cara pengasuhan anak.

Photo by: All The Moms

Inilah yang terpenting, yaitu punya cara dan keputusan yang sama dalam mengasuh anak. Jika SuperParents dan pasangan tidak bisa sepakat dalam pengambilan keputusan yang melibatkan anak, mereka akan berpikir bisa dengan mudah merubah keputusan orang tua.

Contohnya si ayah mengatakan anak tidak boleh main gadget, tapi ibu memperbolehkannya. Perbedaan keputusan ini bisa digunakan oleh anak untuk mencari pembelaan. Begitu juga pun dengan cara pengasuhan mertua dan orang tua SuperParents kepada anak.

 

3. Melabeli pasangan atau orang lain sebagai pihak yang tidak baik.

Photo by: Life Persona

Selain tidak sepakat,  membuat anak punya pemahaman jika pasangan bukanlah orang yang baik juga tidak bisa dibenarkan. Mudah saja menyalahkan pasangan, orang tua SuperParents, atau mertua ketika mereka memberikan keputusan yang tidak disukai anak.

Sikap ini tidak hanya membuat anak melabeli “orang jahat” dan “orang baik” pada orang-orang yang mereka kenal.

Walaupun mungkin di awal SuperParents berumah-tangga terlanjur melakukan hal ini di depan anak, penting untuk memberikan penjelasan kepada anak dan mulai mengubah perilaku atau sikap Anda. Jadi pastikan SuperParents menunjukkan  apa yang harus dilakukan di depan anak, dan bukan hal yang tidak boleh dilakukan.

Jika SuperParents melakukan kesalahan, jangan khawatir, hanya pastikan saja bahwa komunikasi Anda dengan anak berlangsung dengan baik. Mereka akan mengerti bahwa kehidupan pernikahan itu tidak mudah, apalagi menjadi orang tua. Tapi jadikanlah kesalahan-kesalahan tersebut pelajaran hidup yang berharga.

Sumber: familyshare.com

Baca juga:

TERNYATA ANAK BISA BELAJAR DARI KEHIDUPAN PERNIKAHAN KITA LHO! INI YANG MEREKA DAPAT

INILAH AYAT PEDOMAN PARA PASANGAN KRISTEN

TIDAK SELAMANYA TEGAR, INILAH 8 HAL YANG SEORANG IBU TUTUPI DARI ANAKNYA

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK