ARTICLE

Wed - Dec 13, 2017 / 4010 /

Mau Membuat Orang Tuamu Bahagia? Ini Caranya

Membahagiakan orang tua adalah salah satu goal dalam hidup setiap anak. Keinginan ini didasari karena rasa cinta dan terima kasih anak terhadap kasih sayang serta pengorbanan yang telah orang tua lakukan selama ini.

Sebaiknya pengertian membahagiakan orang tua bukan hanya keinginan semata sebagai anak lho, tapi juga kewajiban.   Tidak perlu merancang sesuatu yang besar dan “wah”, dengan hal kecil dan sederhana saja mereka sudah bisa bahagia. Tidak perlu menunggu lama, gunakan kesempatan apapun untuk membuat mereka bahagia, seperti 10 cara ini:

1. Jadilah anak yang baik dan patuh

Orang tua mana sih yang tidak bahagia mempunyai anak yang baik dan patuh? Tentunya hal tersebut menjadi harapan setiap orang tua. Meskipun terdengar mudah, menjadi pribadi yang baik secara etika dan moral tidaklah gampang. Namun sebagai anak kita harus selalu berusaha patuh pada orang tua, mau mendengarkan saran-saran mereka, dan melakukan segala hal yang baik tanpa harus diminta terlebih dahulu. Jangan sampai melukai perasaan mereka dengan sikap buruk dan ketidakpatuhan kita.

 

2. Membantu meringankan pekerjaan dan beban orang tua

Sudah sepatutnya kita bisa membantu meringankan pekerjaan atau beban orang tua. Meskipun bukan tanggung jawab utama kita, tetapi sebagai anak sebaiknya harus lebih peka, peduli dan perhatian terhadap orangtua. Jika memang bantuan kita dapat meringankan pekerjaan, beban atau masalah mereka, maka lakukanlah hal tersebut.

 

3. Lakukan tugas dan kewajiban kita

Orang tua memiliki tugas dan kewajiban merawat, mendidik, memberikan pendidikan yang layak pada kita. Maka sebagai balasannya, kita harus melakukan tugas dan kewajiban dengan sungguh-sungguh misalnya dengan tekun, rajin belajar maupun dalam pekerjaan. Melihat kita semangat melakukan kewajiban, mereka tentu akan bahagia.

 

4. Menelepon orang tua

Seringkali anak yang sudah dewasa dengan segala kesibukannya, lupa pada orangtuanya. Kita sangat jarang mengangkat telepon dari orangtua atau bahkan sangat jarang menghubungi mereka walau sekedar untuk menanyakan kabar. Padahal kita tidak tahu, jangan-jangan mereka sedang membutuhkan bantuan atau khawatir dengan keadaan kita.

 

5. Mengunjunginya

Buat kita yang mungkin tidak satu atap lagi dengan orang tua dengan alasan sekolah, kuliah, kerja atau sudah disibukkan dengan rumahtangga sendiri. Tahukah kita bahwa tinggal berjauhan dengan anak menjadi kesedihan tersendiri bagi orangtua. Untuk itu jangan sampai melupakan mereka, sempatkan waktu mengunjungi orangtua Anda walaupun cuma sebentar. Tentu mereka akan bahagia dan kerinduan segera terobati.

 

6. Berprestasi

Cara lain untuk membahagiakan orangtua adalah dengan menjadi yang berprestasi. Meskipun tidak semua anak berpotensi menjadi lebih unggul, namun setidaknya buatlah orangtua bangga dengan hasil kerja keras kita selama ini.

 

7. Selalu mengucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih meskipun terdengar biasa namun ketika diucapkan dengan sungguh-sungguh, maka akan bermakna luar biasa. Di setiap kesempatan, berterima kasihlah kepada kedua orangtua Anda. Walaupun beribu-ribu ucapan terima kasih telah kita ucapkan tetap belum mampu membayar segala pengorbanan mereka, namun ucapan tersebut adalah ungkapan sayang anak kepada orangtuanya.

 

8. Jadilah orang sukses

Hampir semua orang tua menganggap keberhasilan mereka dalam mendidik dan membesarkan kita dapat diukur dari pencapaian meraih kesuksesan dan keberhasilan di masa depan. Pekerjaan apapun yang kita tekuni, jika menjadikan kita sukses di bidang tersebut maka sesungguhnya telah membuat mereka bangga dan bahagia.

 

9. Terbuka dan jujur

Orangtua akan lebih senang bila kita bisa terbuka dan jujur tentang apa saja kepada mereka. Bahkan di beberapa kondisi ketika kita berbohong, sebenarnya orangtua mengetahui hal tersebut namun memilih untuk tidak menyakiti dan menyinggung perasaan kita. Justru merekalah yang merasa kecewa namun berusaha memaklumi.

 

10. Menikah

Tak ada yang paling membahagiakan ketika orangtua melihat anak-anaknya menikah dan memiliki kehidupan baru yang bahagia dengan pasangan yang dicintai. Momen pernikahan kita akan menjadi saat yang paling membahagiakan bagi mereka.

Sumber : keluarga.com

Baca juga:

KITA SELALU LUPA SAMA HAL INI, PADAHAL PENTING LHO!

BEGINI CARANYA MENANGANI ANAK HIPERAKTIF DI KELAS SEKOLAH MINGGU KAKAK

INILAH AYAT PEDOMAN PARA PASANGAN KRISTEN

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK