ARTICLE

Wed - Nov 15, 2017 / 2486 /

Anak Anda Mengalami Gejala Penyakit Ini? Sebaiknya Segeralah Bawa ke Dokter

Musim penghujan telah tiba. Biasanya disaat seperti ini anak menjadi rentan terkena berbagai penyakit. Mulai dari flu, demam, batuk, dan lainnya. Sistem imun mereka belum sematang orang dewasa. Jadi orang tua harus jeli dalam melihat tanda-tanda anak akan sakit, sehingga anak bisa dengan secepatnya mendapatkan penanganan.

Dr. Claire McCarthy, MD, seorang dokter anak di pusat kesehatan Universitas Harvard, mengatakan dirinya seringkali mendapat telepon dari orangtua yang khawatir akan gejala yang dialami anaknya. Kebanyakan tanda anak sakit yang disebutkan tidak berbahaya, namun ada pula gejala yang terlihat biasa namun sebenarnya berpotensi membahayakan kesehatan si kecil. Karena itu, Dr. Claire memberikan penjelasan mengenai beberapa tanda anak sakit yang harus diwaspadai orangtua.

 

Berikut 4 gejala penyakit anak yang tidak boleh SuperParents abaikan dan harus segera dibawa ke dokter:

 

1. Lemas dan selalu tampak mengantuk

Jika anak terlihat lemas dan mengantuk tak seperti biasanya, itu tanda bahwa tubuhnya kekurangan energi dan membutuhkan istirahat. Bila rasa mengantuknya disebabkan karena dia begadang  semalaman atau kurang tidur, maka SuperParents tidak perlu khawatir. Tetapi, jika anak ingin tidur sepanjang hari dan susah dibangunkan. SuperParents harus waspada, karena itu bukan pertanda baik. Begitupun, jika anak anak terjaga namun ia tak memiliki tenaga untuk bangun dari tempat tidur, terlihat lemas, dan tidak bisa diajak main sama sekali. Penyebab anak terlihat lemas dan mengantuk bisa bermacam-macam, seperti dehidrasi, infeksi, benjolan di kepala, keracunan, dan lain-lain. Semua hal itu membutuhkan penanganan medis secepatnya.

 

2. Rasa sakit yang tidak kunjung hilang

Anak balita pastinya akan menjadi rewel saat dia sakit, kebanyakan sakitnya bisa ditangani dengan persediaan obat di rumah. Akan tetapi, jika setelah diobati sakit anak masih berlanjut, dan rewelnya tidak berkurang, bahkan dia tidak mau makan dan minum, dia butuh diperiksa oleh dokter.

Jika anak yang lebih besar, mengalami rasa sakit yang tidak kunjung hilang, meski SuperParents sudah memberinya obat dan bermacam perawatan di rumah, maka kunjungan ke dokter adalah hal yang harus segera dilakukan.

 

3. Susah bernapas atau napas pendek-pendek

Bila anak mengalami kesulitan bernapas, SuperParents tidak boleh mengabaikannya, terutama jika ia juga mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Retraksi. Hal ini terjadi ketika anak menggunakan otot ekstra untuk membantunya bernapas, udara akan terlihat menyempit di bagian tulang rusuk dan leher. Gejala lainnya ialah garis-garis otot terlihat jelas di sekitar leher anak saat ia mencoba bernapas.
  • Mengeluarkan suara mencicit ketika ia bernapas, dan suara itu tidak hilang saat ia batuk ataupun setelah mandi dengan air hangat.
  • Anak kesulitan untuk bicara, pada bayi dan balita mereka tidak bisa minum susu karena kesusahan bernapas.
  • Napas cepat dan pendek-pendek. Hal ini tidak mudah dideteksi kecuali SuperParents melihatnya dari dekat, dan baju di si kecil dibuka untuk melihat gerakan perut dan dadanya saat bernapas.
  • Anak terlihat pucat, atau bahkan biru. Cobalah melihat rona wajah anak, apakah ia tampak pucat atau tidak.

 

4. Ruam atau bintik merah/ungu pada anak yang tidak menghilang jika ditekan

Kebanyakan ruam atau bintik merah pada anak, akan menghilang jika di tekan. Akan tetapi, jika bintik merah tidak hilang atau memucat saat ditekan, dokter mengatakan ini adalah hal yang berbahaya, karena disebabkan oleh perdarahan di kulit.

Ruam yang seperti ini bisa menyebabkan infeksi mematikan, juga masalah kesehatan serius lainnya. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun jika si kecil memiliki ruam atau bintik merah seperti ini, segeralah membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya.

 

Walaupun ketika anak dibawa ke dokter kesehatannya seperti membaik dan tidak rewel lagi, SuperParents tidak perlu merasa sia-sia datang ke dokter. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Sumber : theasianparent.com

 

Baca juga: 

ANDA MASIH KHAWATIR PADA MASA DEPAN ANAK? BERIKUT 3 JENIS KHAWATIR YANG MERUSAK ANDA

BINGUNG LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU KEMANA? INI 7 WISATA EDUKASI ASIK UNTUK ANAK!

ANAK MENDADAK BERTERIAK ATAU MENGIGAU SAAT TERTIDUR? MUNGKIN DIA MENGALAMI HAL INI

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK