ARTICLE

Tue - Oct 31, 2017 / 14610 /

4 Tips Menjadi Guru Sekolah Minggu yang Keren

Sekolah minggu berawal dari sekolah Kristen yang setiap seminggu sekali mengajar anak-anak buta huruf untuk dapat membaca. Tanpa bantuan dari sekolah umum, anak-anak miskin yang kurang terpelajar tidak punya kesempatan untuk meningkatkan situasi mereka. Pada abad ke-19, anak-anak bekerja 6 hari seminggu dan hanya punya waktu hari Minggu untuk belajar.

Sekarang di zaman modern, sekolah minggu lokal mempunyai hak istimewa untuk fokus ke pendidikan Alkitab dibandingkan sekolah biasa. Guru sekolah minggu mengarahkan anak-anak untuk mengerti secara dalam tentang Alkitab serta mengajarkan bagaimana caranya berdoa dan melayani orang lain.

1. Membuat Komitmen

Menjadi guru sekolah minggu adalah keputusan yang penting. Meskipun pelayanannya hanya sehari, untuk menjadi guru sekolah minggu yang luar biasa, SuperTeacher bukan hanya diharapkan menjadi pengajar yang baik, tapi harus berkomitmen.  Guru harus mampu hadir secara konsisten dan berkomunikasi dengan anak-anak selama seminggu.

 

2. Membangun Hubungan

SuperTeacher perlu membangun hubungan yang kuat dengan murid-murid, orang tua dan anggota keluarga lainnya. Bersedia mengunjungi anak-anak di rumahya, dekat dengan keluarga mereka, melayani mereka lebih dari seharusnya, ingat hari ulang tahun mereka, dan tanggal-tanggal penting anak. Menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak dengan “selalu ada untuk anak-anak”.

 

3. Membuat Persiapan

Guru yang baik selalu mempersiapkan dan tertarik tentang apa yang mereka ajarkan. Tidak meraba-raba materi dan berkelakukan baik menjadikan mereka “GURU TERBAIK”. SuperTeacher bukanlah guru sekolah yang terpaku pada kurikulum yang ada. Kamu bisa mengikuti teladan Tuhan Yesus dan menyampaikan pesan yang bermakna agar anak-anak dapat mudah mengerti dan mampu menerapkannya dalam kehidupan mereka. Ini sangat menyenangkan! GSM menghabiskan waktu setiap minggunya untuk memohon petunjuk, menemukan petunjuk Tuhan, mengumpulkan dan menyiapkan semua kebutuhan anak-anak sebelum kelas dimulai.

 

4. Fleksibel

Menjadi fleksibel adalah bagian dari membuat persiapan. Ketika Tuhan terlibat, rencana terbaikpun dapat mudah berubah. Terkadang kesempatan yang luar biasa datang memungkinkan kita menanamkan benih spiritual berbeda dari yang tadinya ingin kita tanamkan. Karenanya, GSM yang baik bersedia mengikuti petunjuk dan jalan yang Tuhan berikan kepada mereka tetap dengan persiapan yang matang.

 

Jadilah guru terbaik dengan menyimak, menyayangi, dan mengasihi murid-murid kita. Anak-anak tidak mencari guru yang super sekali, hanya seseorang yang bersedia memberikan jawaban dari pertanyaan anak-anak.

Sumber: ministry-to-children.com

Baca juga:

7 KESALAHAN FATAL YANG SERING DILAKUKAN GURU SEKOLAH MINGGU

GIMANA SIH SUPAYA BISA JADI “SUNDAY SCHOOL TEACHER ZAMAN NOW”?

7 ALASAN SUPER, GURU SEKOLAH MINGGU PEREMPUAN COCOK JADI PASANGAN HIDUP KAMU!

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK