ARTICLE

Mon - Oct 23, 2017 / 3045 /

Lakukan 7 Cara yang Biasa Orang Perancis Terapkan Agar Anak Tidak Tantrum Tapi Mandiri

Tahukah SuperParents kenapa anak-anak di Perancis tidak mudah tantrum? Mereka berkelakuan baik, pintar, aktif, dan jarang nakal atau rewel. Oh iya, sebelum membahas lebih jauh, Superbook akan menjelaskan arti “tantrum” terlebih dulu. Menurut situs keluarga.com,  tantrum adalah hasil dari energi tinggi dan kemampuan yang tidak mencukupi dalam mengungkapkan keinginan atau kebutuhan “dalam bentuk kata-kata”. Belajar dari orang-orang Perancis dalam melatih anaknya agar tidak tantrum atau mandiri, SuperParents bisa melakukan hal ini:

 

Anak Tidur di Kasur Mereka Sendiri

Di Perancis, anak-anak diajari untuk tidur di tempat tidur mereka sendiri, bahkan di kamar yang berbeda. Jika anak terbangun saat tengah malam dan menangis, SuperParents hanya perlu menunggu beberapa saat untuk memastikan apakah kehadiran Anda diperlukan oleh anak. Malam demi malam, anak akan mulai terbiasa untuk tidur sendiri.

 

Kebebasan dalam Berkegiatan

Orang tua di Perancis memberikan kebebasan pada anaknya sebanyak yang dapat mereka tangani. Mereka tidak mencampuri konflik anaknya dengan anak lain, dan membiarkan anaknya untuk menyelesaikan masalah dengan cara mereka sendiri. Saran untuk SuperParents, bedakan antara bercandaan anak-anak biasa dengan perilaku yang buruk. Perilaku buruklah yang perlu mendapatkan hukuman sehingga anak bisa membedakan bercanda dan perilaku buruk mereka. Bantulah anak SuperParents juga jika mengalami perlakuan buruk dari teman mereka. Tetap ajarkan mengampuni ya SuperParents.

 

Kakek atau Nenek Tidak Mengasuh Anak

Kakek dan nenek memainkan peran pendukung dalam mengasuh cucunya. Acara keluarga di Perancis biasanya berlangsung saat akhir pekan atau hari libur. Anda akan melihat para kakek nenek berada di restoran dibandingkan merawat cucunya. Merawat anak adalah tugas utama dari orang tua, kakek nenek hanya membantu untuk merawat jika memang orang tuanya mengalami kesulitan untuk menjaga anak (misalnya sedang tugas keluar kota).

 

Baca juga : INGIN MEMILIKI ANAK YANG SUKSES? SEBAIKNYA SUPERPARENT LAKUKAN INI

 

Tidak Ada “Makanan Anak-anak”

Makanan adalah esensi penting dalam kehidupan orang Perancis. Orang Perancis berpendapat bahwa sangat penting untuk makan bersama setidaknya sekali sehari. Anak-anak dan orang dewasa memakan makanan yang sama karena tidak ada istilah makanan anak-anak. Jika orang tua tidak memaksakan anaknya makan apa yang mereka tidak suka, membuat mereka bersikeras untuk tidak mencicipi makanannya dan akhirnya memilih-milih makanan. Sebaiknya latihlah anak untuk bersyukur atas makanan apapun yang sudah disediakan. Seperti yang dikatakan dalam 1 Tesalonika 5: 18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

 

Perbuatan Baik Sangat Berarti

Pexels

Perbuatan baik bertahan selamanya, anak-anak di Perancis sadar akan hal ini. Mereka menyapa tamu dan tetangganya, mereka tenang di antrian, memberikan tempat duduk pada orang yang lebih tua di bus atau kereta. Sedari mereka kecil, mereka belajar 4 kalimat penting: “terima kasih”, “sama-sama”, “selamat siang/pagi/malam?”, “ dan “selamat tinggal. SuperParent bisa juga menambahkan kalimat: “maaf” dan “permisi”.

 

Baca juga: BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI HUBUNGAN ORANG TUA DAN ANAK?

Minggu adalah Hari Keluarga

Hari Minggu adalah waktu terbaik untuk berekreasi. Orang Perancis menyadari pentingnya aktivitas di hari Minggu dan mempersiapkannya sebelumnya. SuperParents juga bisa mempersiapkan akhir pekan yang menyenangkan bersama dengan anak. Mungkin setelah beribadah, SuperParents bisa pergi bersama anak ke taman kota, permainan yang ada di mall, atau berekreasi di daerah sekitar tempat tinggal.

 

Anak Mempunyai Uang Jajan

Di Perancis, anak-anak biasanya tetap tenang dan tidak mengganggu orang tuanya untuk membelikan mereka permen atau hal lainnya selama orang tuanya berbelanja. Itu dikarenakan orang tuanya sudah memberikan uang jajan ketika mereka berumur 7 tahun dan boleh dipergunakan sesuai keinginan mereka. Jumlah uangnya tentunya disesuaikan dengan kebutuhan umur anak. Mereka akan belajar bertanggung jawab atas apa yang telah orang tuanya berikan dan mengatur keuangan mereka. (CC)

 Sumber: Brightside.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK